Contohlah Presiden Jokowi yang tidak kenal lelah terjun ke daerah untuk mendengar aspirasi rakyat. Pemimpin seperti inilah yang dikehendaki oleh rakyat."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, berpesan kepada seluruh pasangan calon kepala daerah yang diusung oleh Partai NasDem untuk tetap berjuang bertarung sekuat tenaga menghadapi pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Hal tu disampaikan oleh Surya Paloh dalam sambutannya di pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem yang digelar di JCC, Senayan, Senin.

"Kami berharap kepada mereka yang mempunyai status petahana untuk tidak mengulang kesalahan yang sama saat menjabat, dan mereka bersedia memperbaiki hal tersebut," ujar Surya.

Adapun, untuk para calon kepala daerah dari partainya yang baru pertama kali mencalonkan diri, dirinya berharap agar mereka bisa membuktikan dan menunjukkan pemikiran yang cerdas guna menarik simpati masyarakat di daerahnya masing-masing, sehingga mampu terpilih menjadi kepala daerah.

"Bagi mereka yang pertama kali mencalonkan kami juga berharap mereka mampu membuktikan jika orang-orang baru tidak kalah mampu memberikan pemikiran yang cerdas dan mementingkan kepentingan lebih besar ketimbang kepentingan pribadi maupun partai," tuturnya.

Partai NasDem mengusung 252 calon kepala daerah dalam gelaran Pilkada Serentak yang akan dilakukan pada 9 Desember mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Enggartiasto Lukita berharap agar setiap calon kepala daerah dari partainya dapat mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, terutama dekat dengan rakyat dengan cara blusukan.

"Contohlah Presiden Jokowi yang tidak kenal lelah terjun ke daerah untuk mendengar aspirasi rakyat. Pemimpin seperti inilah yang dikehendaki oleh rakyat," ucapnya.

Selama Rakernas itu, 255 calon kepala daerah akan digembleng dan dilatih untuk memenangkan Pilkada tahun 2015. NasDem mengusung tema "Bersama, Berjuang, Menang" dalam Pilkada tahun ini.

Sejumlah konsultan politik ternama akan dihadirkan untuk mengisi materi bagi calon kepala daerah asal NasDem, termasuk sejumlah lembaga negara seperti KPU, Bawaslu, MK terkait proses Pilkada secara umum.

Presiden Joko Widodo secara langsung membuka Rakernas Partai NasDem itu. Turut hadir dalam acara itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Sosial Khofifah, Jaksa Agung M Prasetyo, Ketua Umum Hanura Wiranto.

Ketum Golkar versi Munas Ancol Agung Laksono, Ketum PPP versi Muktamar Surabaya Romahurmuziy, Ketum PAN yang juga Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sekjen PKB Abdul Karding Kading dan lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015