Pekanbaru (ANTARA News) - Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, menyatakan bahwa hari ini ada 36 penerbangan yang dibatalkan karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan telah memperpendek jarak pandang.

"Saat ini jarak pandang berada di kisaran 300 meter," kata Airport Duty Manager Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Hasnan kepada Antara di Pekanbaru.

Ia menjelaskan bahwa hingga pukul 14.00 WIB maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Fire Fly, Sriwijaya, Batik Air dan AirAsia membatalkan penerbangan mereka karena jarak pandang tidak kunjung membaik.

Penerbangan terakhir yang dibatalkan siang ini adalah penerbangan pesawat AirAsia dari Pekanbaru ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Hasnan menjelaskan jarak pandang di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) sempat menyentuh titik terendah, 50 meter, pada pukul 08.00 WIB dan sempat naik menjadi 800 meter pukul 12.00 WIB. Tapi kabut asap kembali menebal pukul 14.00 WIB sehingga jarak pandang turun lagi menjadi 300 meter.

Aktivitas penerbangan di bandara itu terganggu sejak Sabtu lalu (26/9), ketika 67 penerbangan di bandara tersebut dibatalkan karena kabut asap pekat menyelimuti kota.

Pewarta: Fazar Muhardi & Anggi Romadhoni
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015