Tentu kami tidak terlalu cepat mengatakan ini bencana nasional, karena belum masuk kategori demikian,"
Koba (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR RI Azhar Romli menyatakan kabut asap yang melanda sebagian wilayah Indonesia belum masuk kategori bencana nasional karena dipicu oleh perbuatan manusia.

"Tentu kami tidak terlalu cepat mengatakan ini bencana nasional, karena belum masuk kategori demikian," ujarnya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, Kamis.

Ia menjelaskan, kabut asap hanya melanda sebagian wilayah Indonesia atau tidak menyeluruh dan kondisi itu terjadi akibat ulah manusia.

"Kabut asap ini akibat hutan terbakar dan yang membakar hutan itu adalah manusia, baik personal maupun skala perusahaan," ujarnya.

Kendati demikian, Azhar Romli mengakui kabut asap ini berdampak terhadap kesehatan dan sektor usaha lainnya.

"Memang mengganggu kesehatan, tetapi sejauh ini belum ada korban jiwa. Makanya harus hati-hati juga mengatakan ini bencana nasional," ujarnya.

Ia mengatakan, jika sudah dikatakan bencana nasional, maka penanganannya harus terpadu dan isu bencana ini tentu dapat menghebohkan dunia internasional.

"Sekarang penanganan kabut asap ini dilakukan secara preventif, masing-masing daerah diinstruksikan untuk lebih konsentrasi mengatasi musibah kebakaran," ujarnya.

Menurut dia, butuh gerakan dan kesadaran bersama untuk tidak membakar hutan baik masyarakat maupun perusahaan perkebunan.

"Sebenarnya yang terpenting adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, jangan membakar lahan dan lestarikan hutan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015