Banda Aceh (ANTARA News) - Tim Search and Rescue (SAR) Aceh mengevakuasi dua awak kapal berbendera asing, yang seorang di antaranya mengalami cedera mata, Kamis malam.

Evakuasi berlangsung di perairan antara Pulau Weh, Sabang, dengan Kepulauan Pulo Aceh, Aceh Besar, atau sekitar tujuh mil laut dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Awak kapal yang dievakuasi yakni Jonathan Peter Weatherby, mengalami cedera di mata, serta Robert Antwan Gettys sebagai pendamping. Keduanya warga negara USA.

Sedangkan kapal mereka bernama Deepwater Thalassa, kapal bor lepas pantai berbendera, negara Kepulauan Marshall. Kapal berlayar dari Korea tujuan Capetown, Afrika Selatan.

Kedua awak kapal asing tersebut tiba di dermaga Ulee Lheue sekitar pukul 22.30 WIB. Evakuasi menggunakan perahu karet dengan melibatkan beberapa personel SAR dan dokter karantina.

Setibanya di Banda Aceh, dua awak kapal tersebut langsung dibawa dengan ambulans kantor karantina Pelabuhan ke sebuah rumah sakit di Banda Aceh untuk perawatan selanjutnya.

Kepala Seksi Operasi Badan SAR Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain mengatakan, permintaan evakuasi terima SAR Aceh Rabu (14/10) malam. Saat itu, posisi kapal di Samudra Hindia, sekitar 200 neutical mil dari Banda Aceh.

"Setelah kapal tiba di titik penjemputan, tim SAR langsung menjemput dan mengevakuasi dua anak buah kapal tersebut untuk selanjutnya didaratkan di Banda Aceh," kata Ibnu Harris Al Hussain. 

Pewarta: M Haris SA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015