Seoul (ANTARA News) - Aktor Lee Min-ho dinobatkan sebagai bintang Korea yang paling dicintai warga Arab menurut hasil jajak pendapat yang dipublikasikan Kamis (15/10).

Menurut survei terhadap 3.000 warga Arab mengenai persepsi mereka terhadap Korea Selatan, sebagian besar responden (14,8 persen) menyebut aktor 29 tahun itu sebagai bintang yang pertama terlintas saat memikirkan Korea Selatan.

Survei itu diadakan oleh KBS World Radio, layanan radio luar negeri dari Korean Broadcasting System (KBS), yang bulan lalu disiarkan daring ke para pendengar di 22 negara Arab.

Lee mulai terkenal lewat perannya di serial drama 2009 "Boys Over Flowers" dan telah membintang sederet film serta drama televisi lain.

Setelah Lee, ada boy band Super Junior berada di posisi kedua daftar bintang Korea paling dicintai di Arab dengan 10,8 persen suara responden disusul grup idola EXO dengan sembilan persen.

Selanjutnya ada aktris Park Shin-hye dengan 5,1 persen dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon serta Presiden Park Geun-hye dengan 2,6 persen.

Mayoritas masyarakat Arab juga mengatakan budaya populer dan selebriti mendominasi kesan mereka tentang Korea Selatan, jauh lebih tinggi dari citra perusahaan dan produk Korea.

Saat ditanya apakah budaya populer Korea mempengaruhi pendapat mereka tentang negara Asia tersebut, 95,1 persen responden mengatakan pengalaman mereka telah memperbaiki gambaran mereka tentang Korea.

Survei juga menunjukkan bahwa kurangnya bahan makanan halal di Korea membuat Muslim sangat tidak nyaman berada di sana menurut 27 persen responden, diikuti kesulitan bercakap-cakap dengan orang Korea (14,5 persen) dan tingginya biaya hidup (14 persen), demikian seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015