Jayapura (ANTARA News) - Forum Sunda Ngumbara Papua di Kota Jayapura menyambut keberhasilan Persib Bandung yang menjuarai Piala Presiden setelah mengalahkan Sriwijaya FC 2-0 dalam laga final di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu malam.

Sesepuh Sunda Ngumbara, Tatang Subarna, usai acara nonton bareng (nobar) yang diprakarsasi Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaran di cafe and resto Gracia Grand Abe Hotel, Jayapura, Minggu tengah malam lalu mengaku bangga kepada Firman Utina dan kawan-kawan.

"Kami bangga dan apresiasi kemenangan tim Persib Bandung yang pada malam ini bisa meraih Piala Presiden. Tidak sia-sia kita nobar pada malam ini, meski jauh dari kampung halaman," katanya didampingi ketua panitia nobar, Muhammad Jamal.

Menurut dia, acara nobar adalah bentuk dukungan penuh warga Jawa Barat di perantauan kepada tim kebanggaan masyarakat Sunda ini.

Sedangkan Muhammad Jamal mengatakan nobar itu intinya untuk menunjukkan rasa kebersamaan warga Jawa Barat di Papua.

"Ini kan untuk saling mendukung, terima kasih buat saudara-saudara, teman, kakak yang sudah datang nobar untuk berikan suport bagi tim Persib Bandung," katanya seraya menyatakan acara ini murni disponsoris esama warga Sunda di Papua.

Mereka datang dari Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom, sejak beberapa jam sebelum laga Persib Bandung vs Sriwijaya FC dengan memadati cafe and resto Grand Abe Hotel itu.

Mereka mengenakan kostum biru-biru bertuliskan The Viking dan Bobotoh Jayapura.

Tim asuhan Jajang Nurjaman mengalahkan Laskar Wong Kito yang diarsiteki Beny Dolo dengan skor 2-0.

"Harapan kami kesuksesan tim Persib Bandung menjadi inspirasi warga Sunda di Papua," kata Muhammad.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015