Bandung (ANTARA News) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan, kekayaan laut di Garut mempunyai nilai jual di sektor pariwisata dan perikanan yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Kita tahu sumber kekayaan laut di selatan Garut itu bisa diekpose karena memiliki daya jual bagus," kata Ketua PHRI Garut, Asep Haelusna, kepada wartawan, Minggu.

Menurut dia, potensi laut yang tersajikan di Garut diantaranya pantai yang indah, pemandangan lautnya serta ikan laut yang dapat dijual kepada wisatawan. Salah satu yang potensial adalah Pantai Pameungpeuk, di Garut Selatan, walau akses ke sana masih jauh dari ideal. Di sana juga ada landasan terbang kecil. 

Selama ini, kata dia, potensi laut itu belum tergali secara optimal oleh pemerintah, sehingga belum cukup besar untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke wilayah selatan Garut itu.

"Sementara problem di sana itu belum banyak wisatawan, tingkat kunjungannya di momen-momen tertentu saja, seperti hari libur," katanya.

Ia berharap, pemerintah lebih optimal menggali potensi laut di Garut serta memperbaiki infrastruktur penunjang sebagai upaya mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menurut dia, upaya pemerintah cukup membangun sarana dan prasarana di kawasan objek wisata pantai, dan memperbaiki infrastruktur jalan untuk kenyamanan wisatawan.

"Laut Garut itu merupakan satu tujuan, bukan perlintasan, maka harus ditunjang yang baik," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015