Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi VII DPR RI Peggi Patrisia Pattipi mengatakan Kabupaten Timika mendapat kiriman asap dari Kabupaten Merauke, Papua.

“Kemarin, Kabupaten Timiki mendapat kiriman asap dari Merauke. Merauke adalah daerah yang memiliki lahan gambut dan banyak perkebunan sawit. Saat kebakaran, terjadi, asapnya sampai ke Timika,” kata Peggi di Jakarta, Senin

Peggi yang baru pulang dari daerah pemilihan Papua itu menambahkan, kiriman asap dari Merauke ke Timika karena angin yang datang dari Australia.

“Di Merauke sendiri tak ada kabut asap karena ditiup angin yang datang dari Australia. Tapi di Timika sendiri, penuh dengan kabut asap. Itu sudah berlangsung selama kurang lebih 3 minggu,” kata politisi PKB itu.

Untunglah, kata dia, kabut asap Timika tidak separah seperti terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Namun dia meminta pemerintah merevisi izin pembukaan lahan sawit di Merauke dan Timika.

“Di Merauke dibuka lahan sawit, menambah asapnya. Pemerintah diminta untuk bisa merevisi ulang, perhatikan kembali izin-izian mengenai pembukaan lahan sawit karena yang dirugikan adalah masyarakat,” kata dia.




Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015