Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) akan membangun pipa gas bumi sepanjang 600 km, yang menghubungkan sumber gas dengan konsumen di Kepulauan Riau.

Kepala Divisi Komunikasi Korporat PGN Irwan Andri Atmanto dalam siaran pers di Jakarta, Jumat mengatakan, pipa tersebut akan menghubungkan sumber migas di Laut Natuna ke pulau utama di Kepri seperti Batam dan Bintan.

"PGN juga akan membangun pipa gas dari ruas West Natuna Transmission System (WNTS) ke Pulau Pemping, Kepri sejauh enam kilometer," katanya.

Menurut dia, rencana kedua proyek tersebut merupakan fokus PGN dalam kerja sama pembangunan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi dengan Pemprov Kepri.

Kedua instansi telah menandatangani perjanjian kerja sama yang dilakukan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Djoko Saputro dan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemprov Kepri Rahminuddin di Kantor PGN, Jakarta, Jumat.

Sesuai kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian, PGN akan membangun infrastruktur gas bumi untuk berbagai segmen pelanggan mulai rumah tangga, transportasi, UKM, komersial, industri dan kelistrikan.

"Sedangkan, Pemprov Kepri akan mendukung PGN untuk mendapatkan pasokan gas melalui alokasi dari sumber gas di Kepri," ujar Irwan.

Pemprov juga akan mempercepat pembentukan pasar pengguna gas, sehingga ketersediaan infrastruktur gas bermanfaat optimal.

Sementara, Djoko Saputro mengatakan, kerja sama dengan Pemprov Kepri akan mendukung konversi energi BBM ke gas.

"Kami berharap sumber gas di Kepri untuk kebutuhan di dalam negeri, sehingga memberikan manfaat optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Hal senada dikemukakan Rahminuddin. Menurut dia, sinergi dengan PGN merupakan upaya mengoptimalkan kekayaaan alam di Kepri untuk kesejahteraan masyarakat.

"Selama ini, kami hanya melihat sumber gas di Kepri diangkut ke Singapura dan daerah lain tanpa mendapatkan manfaat yang semestinya. Bersama PGN, kami ingin menjadikan gas untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sampai kuartal III 2015, PGN telah membangun pipa gas sepanjang 6.470 kilometer atau 76 persen pipa hilir nasional.

PGN juga sedang menyelesaikan sejumlah proyek infrastruktur di beberapa wilayah.

Jumlah pelanggan PGN kini lebih dari 105 ribu dari berbagai segmen pelanggan mulai rumah tangga, UKM, komersial, industri, transportasi, dan kelistrikan.

"Dengan pengalaman lebih dari setengah abad, PGN akan terus mendorong pemanfaatan gas, melakukan sinergi dengan stakeholders lain, dan menjadikan gas sebagai energi bagi kemajuan Indonesia. Sebagai energi baik yang ramah lingkungan, efisien dan aman, PGN ingin menyebarluaskan keuntungangas bumi itu ke masyarakat di berbagai wilayah Indonesia," kata Joko.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015