Budapest (ANTARA News) - Hungaria lolos ke turnamen besar pertamanya sejak Piala Dunia 1986 setelah mengalahkan Norwegia 2-1 pada leg kedua playoff Euro 2016 sehingga lolos ke putaran final turnamen Eropa ini dengan agregat 3-1.

Tamas Priskin mencetak gol pembuka lewat tendangan spektakuler pada menit 14 sebelum gol bunuh diri Markus Henriksen tujuh menit sebelum babak pertama usai yang memastikan Hungaria merebut satu tiket ke putaran final di Prancis tahun depan.

Henriksen kemudian mencetak satu gol Norwegia pada menit 88 untuk menebus kesalahannya, namun itu terlalu lambat untuk Norwegia.

Hungaria masuk ke gelanggang dengan kepercayaan diri tinggi setelah gelandang Laszlo Kleinheisler menutup debut internasionalnya dengan gol semata wayangnya pada leg pertama di Oslo Kamis pekan lalu.

Senin malam nanti Republik Irlandia akan menghadapi Bosnia-Herzegovina di Dublin. Kedua tim seri 1-1 pada leg pertam di Zenica di mana gol Robbie Brady menggagalkan gol Edin Dzeko.

Laga playoff akan diakhiri Selasa lusa antara Slovenia versus Ukraine di mana Ukraina memegang kendali dengan menang 2-0 di Kiev pada leg pertama, sedangkan di Kopenhagen, Denmark ditantang Swedia yang sudah menang 2-1 pada leg pertama di Solna Sabtu pekan lalu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015