...diharapkan nanti bulan Januari 2016 bisa sampai stasiun Maja, jika pekerjaan eks longsoran di Km.59+650 antara stasiun Tigaraksa-Maja bisa selesai
Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyatakan jalur ganda Stasiun Parungpanjang-Maja sepanjang 21 kilometer resmi beroperasi pada Kamis mulai pukul 00.50 WIB.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis mengatakan jalur ganda (Double Track) stasiun Parungpanjang-Maja sepanjang 21 Kilometer, yang terdiri 6 stasiun yaitu Parungpanjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Tigaraksa, Cikoya (Shelter) dan Stasiun Maja.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Namun, dia mengatakan sehubungan dengan masih dilakukan proses pekerjaan longsoran di KM 59+650 antara Stasiun Tigaraksa-(Cikoya) Maja maka untuk sementara hanya sampai stasiun Tigaraksa, ditargetkan bulan Januari 2016 pekerjaan tersebut sudah selesai, sehingga sampai stasiun Maja.

"Atas nama Kemenhub, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selesainya pekerjaan tersebut, diharapkan nanti bulan Januari 2016 bisa sampai stasiun Maja, jika pekerjaan eks longsoran di Km.59+650 antara stasiun Tigaraksa-Maja bisa selesai," katanya.

Hermanto juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang turut membantu. Ia berharap dengan dioperasikannya jalur ganda ini dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dalam menunjang aktivitas bertransportasi.

"Jika tahapan tersebut selesai Insya Allah untuk meningkatkan kapasitas lintas, jalur ganda ini akan terus dilanjutkan sampai stasiun Rangkasbitung, sehingga dapat melayani mobilitas masyarakat," katanya.

Sementara itu, Executif Vice President PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan dengan dioperasikannya jalur ganda ini, dipastikan perjalanan KA akan lebih lancar karena tidak ada persilangan, karena sebelumnya hanya jalur tunggal, jadi satu jalur digunakan KA secara bergantian.

"Kami berharap agar masyarakat turut serta menjaga aset negara ini agar operasi KA dapat berjalan aman dan lancar, seperti yang kita harapkan bersama," katanya.

Humas Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno SM mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati melintas di perlintasan, mulai beradaptasi untuk tidak berjalan di rel dan diharapkan pada musim hujan ini turut menjaga lingkungan jalur KA dengan tidak mengubah struktur drainase, karena akan berdampak terganggunya struktur jalur KA.

Jika memang terjadi masalah terhadap drainase, lanjut dia, agar menyampaikan atau melaporkan kepada petugas di lapangan atau stasiun terdekat.

"Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk keamanan dan keselamatan perjalanan KA dan keselamatan masyarakat juga," katanya. 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015