Jakarta (ANTARA News) - Negara Asia Tenggara mendominasi asal wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada 2015.

"Negara top 5 tamu berasal dari Belanda, Prancis, dan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, lalu India, Australia dan Kanada," kata Direktur Pengembangan Panorama Destination Ricky Setiawanto pada Antara News, Selasa.

Agen pariwisata itu sedang mengembangkan pasar baru dari negara lain, seperti Vietnam, Myanmar, Srilanka, Tiongkok dan Jepang.

Tempat populer di Indonesia yang kerap dikunjungi wisatawan mancanegara, lanjut Ricky, masih didominasi daerah di Jawa dan Bali.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata pada Oktober 2015, wisatawan asing yang masuk ke Indonesia didominasi dari Singapura (121.155), Australia (99.910), Tiongkok (93.091), Malaysia (91.277) dan Jepang (43.388).

Sebelumnya, pemerintah menambah fasilitas bebas visa kunjungan kepada 84 negara yang rencananya efektif mulai pekan ini.

Negara-negara itu adalah Australia, Brazil, Ukraina, Kenya, Uzbekistan, Bangladesh, Kamerun, Palestina, Honduras, Pakistan dan Mongolia.

Kemudian, Sierra Leone, Uruguay, Bosnia Herzegovina, Kosta Rika, Albania, Mozambik, Macedonia, El Salvador, Zambia, Moldova, Madagascar, Goergia, Namibia, Kiribati, Armenia, Bolivia, Bhutan, Guatemala, Mauritania dan Paraguay.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengutarakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan ke Indonesia itu bisa mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air yang ditargetkan 20 juta orang pada 2019 mendatang.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015