Jakarta (ANTARA News) - Menggunakan lensa kontak bewarna seperti yang dipopulerkan penyanyi Selena Gomez memang cukup mampu membuat efek dramatis pada mata.

Namun, perlu diingat fungsi utama benda ini bukan untuk itu, melainkan untuk membantu penglihatan anda. Cara pakai yang salah bukannya memperindah kedua mata anda tetapi justru berdampak buruk pada kesehatan mata anda.

Berikut terdapat tiga langkah aman menggunakan lensa kontak berwarna seperti dilansir health.com.

1. Konsultasikan dengan spesialis mata
Sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak berwarna pastikan anda memahami kalau benda ini merupakan alat kesehatan bukan semata "mainan" untuk memperindah mata.

"Anda harus mempertimbangkan bahwa lensa kontak anda merupakan alat medis, bukan sebuah mainan. Dan tentu saja, jika anda tidak terbiasa menggunakannya, anda membutuhkan bantuan profesional," ujar spesialis mata dari Berkeley, Michigan, Steven Shanbom.

Selain itu, pastikan ukuran lensa kontak sesuai dengan mata anda. "Jika lensa kontak anda terlalu ketat menempel, maka perlahan-lahan akan menyebabkan iritasi pada mata," kata Shanbom.

2. Gunakan lensa kontak yang terjamin keamanannya
Sekalipun saat ini memungkinkan bagi anda membeli lensa kontak secara online, selalu pastikan alat kesehatan itu terjamin keamanannya. Shanbom mengatakan, berkonsultasi dengan spesialis mata bisa membantu anda menemukan produk yang aman.

"Jika anda berkonsultasi dengan spesialis mata, anda akan mendapatkan produk yang aman," tutur dia.

Selain itu, tak semua lensa kontak memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran bola mata masing-masing individu. Memakai lensa kontak yang tidak sesuai bisa memunculkan risiko iritasi, infeksi, hingga kebutaan.

3. Rawat baik-baik lensa kontak
Pastikan anda merawat baik-baik lensa kontak anda. Jangan pernah mencucinya tanpa memastikan tangan anda bersih dan menggunakan cairan yang steril. Selain itu, perhatikan masa pakai lensa kontak anda.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015