Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 28.100 orang mengunjungi Kebun Binatang Bandung selama tiga hari liburan yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Natal pada 24 hingga 27 Desember 2015.

"Puncak pengunjung libur Natal 2015 hari ini yakni mencapai 9.500 orang. Pada hari Kamis (24/12) itu enam ribu orang, hari Jumat (25/12) 5.600 orangt dan Sabtu (26/12) kemarin ada 7 ribu pengunjung," kata kata Humas Yayasan Margasatwa Taman Sari Bandung, Sudaryo, Minggu.

Jumlah pengunjung tersebut, kata Sudaryo, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan libur Perayaan Natal tahun 2014 yakni hanya mencapai 4.500 pengunjung.

"Untuk libur Natal sekarang jumlah pengunjung jauh meningkat dibandingkan tahun lalu ini mungkin karena berbarengan dengan Maulid Nabi Muhammad dan Natal jatuh pada akhir pekan," kata dia.

Ia memperkirakan pengunjung akan tetap ramai hingga akhir tahun 2015 karena berbarengan dengan liburan sekolah. "Kita masih berharap pada rombongan anak sekolah karena sejak 10 hari sudah mulai banyak yang datang rombongan anak sekolah dan gurunya," kata dia.

Selain itu, lanjut Sudaryo, Kebun Binatang Bandung juga akan kembali ramai pengunjung pada tahun baru 2016 nanti yakni bisa mencapai 20 ribu orang pengunjung.

"Semoga saja tahun baru nanti ramai karena pada tanggal 1 Januari 2015 kemarin jumlah pengunjung mencapai 20 ribu orang," kata dia.

Ia mengatakan ketika musim liburan panjang Kebun Binatang Bandung menjadi pilihan bagi warga Bandung Raya bahkan luar Bandung untuk berwisata karena selain harga tiket yang cukup terjangkau lokasinya itu terbilang strategis lantaran tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung.

"Tempat kami ini bisa dikatakan sebagai alternatif liburan, karena kita tahu mau liburan ke daerah Puncak atau pantai itu macet sekali," kata dia.

Menurut dia, saat ini total ada sekitar 999 jenis satwa di Kebun Binatang Bandung dan wahana lainnya seperti gajah tunggang, unta tunggang, wahana kereta api dan lain-lain.

"Jadi selain bisa melihat-lihat berbagai spesies hewan, mereka pun bisa menikmati fasilitas wahana bermain anak, kemudian ada gajah dan unta tunggang, korsel, dan lain-lain," kata dia.

Ia mengatakan, banyak pengunjung yang sekalian menggelar tikar untuk makan bersama keluarga di sekitar taman kebun binatang.

Tiket masuk Kebun Binatang Bandung Rp20 ribu/orang.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015