Sidoarjo (ANTARA News) - Jumlah penumpang yang melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya pada H minus enam atau enam hari menjelang memasuki Tahun Baru 2016, Sabtu (26/12) meningkat 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014.

Legal and Communication PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Liza Anindya, Minggu, mengatakan, pada H minus 6 atau pada 26 Desember 2015 terjadi peningkatan jumlah penumpang.

"Jika pada tahun 2014 jumlah penumpang yang melalui Juanda sebanyak 51.374 orang, maka pada 2015 ini meningkat menjadi 56.529 penumpang," katanya.

Selama libur Natal hingga menyongsong Tahun Baru 2016, katanya, penumpang yang melalui Bandara Internasional Juanda memang cenderung meningkat dibandingkan kondisi tahun 2014.

"Saat musim linuran ini lebih banyak warga yang memilih angkutan udara," kata Liza Anindya.

Menurutnya, peningkatan tersebut terjadi karena musim liburan Natal dan Tahun Baru 2016 bersamaan dengan musim liburan Maulid Nabi Muhammad SAW serta liburan sekolah.

"Kondisi seperti ini membuat jumlah penumpang di Bandara Internasional Juanda cenderung mengalami peningkatan," katanya.

Ia mengatakan, pada libur Natal dan Tahun Baru 2016 terdapat tiga maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan jadwal penerbangan.

"Untuk tahun ini terdapat tiga maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan atau extra flight," katanya.

Dikemukakan, tiga maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan itu masing-masing Air Asia, Nam Air, dan Sriwijaya Air.

"Untuk tahun ini memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun lalu yang jumlahnya lebih dari tiga maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015