Saya salut dengan keragaman motif tenun lokal yang dimiliki Kabupaten Kolaka, keragaman motif ini harus terus kembangkan,"
Kolaka (ANTARA News) - Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Tina Nur Alam mendukung pengembangan tenun lokal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Saya salut dengan keragaman motif tenun lokal yang dimiliki Kabupaten Kolaka, keragaman motif ini harus terus kembangkan," kata Tina Nur Alam, usai menghadiri fashion show busana berbahan baku tenun lokal Kolaka, di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan, Kabupaten Kolaka merupakan salah satu daerah di Sultra yang memiliki motif beragam sehingga ini merupakan salah satu kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan di kembangkan.

"Daerah Sultra ini memiliki keanekaragaman tenun lokal, setiap kabupaten memiliki motif tersendiri dan ini merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa," katanya.

Tina berharap kepada Dekranasda Kolaka untuk terus melakukan penggalian motif tenun lokal yang belum sempat muncul kepermukaan dengan cara melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh budaya.

"Saya harap bisa bekerja sama dengan lembaga pemerhati tenun Indonesia seperti Cita Tenun Indonesia agar bisa mendapatkan pelatihan pengembangan tenun," kata ketua Dekranasda Sultra ini.

Tina mengaku siap mempasilitasi pengembangan motif tenun lokal di daerah itu melalui beberapa kementerian terkait yang merupakan mitra kerjanya di Komisi VI DPR RI.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015