Makassar (ANTARA News) - Manajemen PSM Makassar memutuskan timnya tidak akan mengikuti dua turnamen yang dijadwalkan berlangsung Februari mendatang, yakni Piala Gubernur Kaltim dan Marahalim.

Media Officer PSM, Ramli Manong di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya saat ini memang hanya fokus untuk persiapan tampil di Indonesia Super Turnamen (IST) yang digagas PT Liga Indonesia dan Sulsel Super League (SSL) yang digagas Forum Bersama (Forbes) wartawan olah raga Makassar bersama Semen Bosowa pada Januari 2016.

"Dua turnamen di Kaltim itu bagus, hanya saja kami tidak ingin membagi kosentrasi yang justru membuat tim tidak maksimal. Makanya kita putuskan untuk tidak ambil bagian di dua turnamen Kaltim kali ini," katanya.

PSM Makassar fokus mempersiapkan tim senior di turnamen independen atau IST. Sementara untuk tim PSM U-21 akan tampil di turnamen SSL yang akan dilaksanakan di Lapangan Karebosi Makassar 15 Januari -3 Maret 2016.

Ia menjelaskan, tampil di dua turnamen dengan jangka waktu yang hampir bersamaan merupakan sesuatu yang riskan. Maka untuk mengantisipasi kemungkinan yang terburuk maka diputuskan untuk memprioritaskan berlaga di turnamen SSL U-21.

Pihaknya juga mengaku tidak ingin setengah-setengah saat tampil di IST ataupun turnamen SSL U-21. Sebab jika hasilnya kurang maksimal tentu kita juga yang akan menjadi sasaran kritik. Makanya untuk saat ini kita lebih fokus tampil di turnamen IST dan SSL U-21.

"Kami memang lebih mempriioritaskan turnamen yang sifatnya jangka panjang. Kami juga berharap pada pertemuan dengan PT Liga Indonesia nanti sudah mendapatkan kepastian," ujarnya.

Direktur Klub PSM, Sumirlan, menyatakan untuk persiapan dan pembentukan tim senior menghadapi turnamen IST baru akan dilaksanakan usai pertemuan klub peserta dengan PT Liga Indonesia yang dijadwalkan pertengahan Januari 2016.

"Untuk pembentukan tim senior akan kila lakukan setelah pertemuan klub dengan PT Liga pada Januari ini. Kami tentu berharap dalam pertemuan nanti sudah ada kepastian jadwal pelaksnaan," katanya.

Turnamen jangka panjang yang digagas PT Liga Indonesia itu memang direncanakan antara Februari dan Maret. Namun jika melihat waktu maka kemungkinan besar baru bisa dilaksanakan pada Maret. PSM juga telah mengusulkan untuk dimulai pada Maret 2016.

Meski pembentukan tim senior baru dilaksanakan pada pertenganan Januari 2016, kata dia, namun pihaknya sudah melakukan langkah awal. Termasuk dengan agenda mendatangkan kandidat pelatih PSM yakni Luciano Leandro.

Mantan gelandang PSM era 90-an itu sesuai rencana akan tiba pada 7 Januari 2016. Pelatih asal Brasil itu mengaku masih terus mengurus visa nya sebelum meningalkan negara asalnya pada 5 Januari nanti.

"Luciano memang sudah dijadwalkan tiba pada 7 Januari 2016. Namun untuk persiapan pembentukan tim memang baru akan kita lakukan seteah pertemuan dengan PT Liga," sebutnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016