Los Angeles (ANTARA News) - Gitaris Glenn Frey, pendiri band rock asal California selatan "Eagles" yang turut menciptakan lagu-lagu hits band ini pada 1970-an, meninggal dunia Senin waktu setempat dalam usia 67 tahun.

Frey meninggal dunia di New York City akibat komplikasi radang sendi, radang usus besar yang akut dan radang paru-paru, tulis band itu dalam lamannya seperti dikutip Reuters.

Musisi kelahiran Detroit itu, bersama drummer dan vokalis Don Henley, mendirikan Eagles pada 1971 di Los Angeles setelah menjadi band latar untuk penyanyi rock Linda Ronstadt.

Grup musik yang mencampurkan rock dengan musik country ini begitu berpengaruh sehingga menjadi salah satu band paling populer pada 1970-an, dengan lagu-lagu hitnya seperti "Hotel California," "Peaceful Easy Feeling," "Already Gone", dan"Take It Easy." Band ini bubar pada 1980.

Frey dan Henley menciptakan lagu-lagu grup ini.

"Dia sudah seperti saudara bagi saya; kami adalah keluarga, dan seperti kebanyakan keluarga, ada yang tidak berfungsi," kata Henley. "Namun ikatan yang mempersatukan kami 45 tahun silam tidak pernah terputus, bahkan selama 14 tahun Eagles bubar."

Setelah Eagles bubar, Frey sukses dalam karir solo, lewat lagu-lagu "The One You Love," "Smuggler's Blues", dan "The Heat Is On."

Kemudian pada 1994 Eagles bereuni dan mengeluarkan album berjudul  "Hell Freezes Over" yang ditarik dari lelucon Henley yang menyatakan band ini akan kembali manggung bersama ketika "neraka sudah membeku".

Eagles dimasukkan ke Rock and Roll Hall of Fame pada 1998.

"Saya tak yakin saya percaya kepada keyakinan, namun saya tahu bahwa jalan persimpangan dengan Glenn Lewis Frey pada 1970 telah mengubah hidup saya untuk selamanya, dan itu akhirnya berdampak kepada kehidupan jutaan orang lainnya di seluruh planet ini," kata Henley.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016