Stockholm (ANTARA News) - Pelatih timnas Swedia Erik Hamren akan mundur dari jabatannya setelah turnamen Euro 2016, Asosiasi Sepak Bola Swedia mengumumkan, Senin.

"Dia mengatakan kepada kami bahwa ia akan berhenti," Wakil Ketua FA Swedia FA Lars-Christer Olsson mengatakan kepada stasiun televisi negara SVT.

Beberapa nama telah disebut-sebut sebagai pengganti potensial seperti Manajer Helsingborgs Henrik Larsson, pelatih timnas U-21 Hakan

Ericson dan pelatih IFK Goteborg Jorgen Lennartsson.

Pada tahun lalu Swedia mengalahkan Denmark dalam laga play-off untuk memperebutkan tiket di final Euro 2016 Perancis, tapi kinerja buruk tim di masa lalu dipercaya telah memengaruhi keputusan Hamren.

"Ini akan menjadi saat yang tepat untuk berhenti, dia tidak memberikan kesan bahwa ia merasa bahagia sepanjang waktunya bertugas," kata komentator olahraga Olof Lundh dari tabloid Swedia Expressen.

Hamren mengambil alih kendali tim nasional pada tahun 2009 dari Lars Lagerback, yang telah mengundurkan diri setelah Swedia gagal lolos ke final Piala Dunia di Afrika Selatan.

Sebelumnya Hamren melatih tim Norwegia Rosenborg dan meraih gelar juara liga di musim pertamanya bersama klub.

Saat membesut timnas Swedia, ia dikenal setelah sukses membujuk striker Zlatan Ibrahimovic kembali ke tim nasional setelah absen hampir satu tahun.

Bersama-sama mereka membawa Swedia ke pentas Euro 2012, dan meskipun tersingkir di babak grup, mereka berhasil mengalahkan Perancis untuk pertama kalinya sejak tahun 1969 di pertandingan terakhir mereka.

Tapi pada tahun 2014 Hamren dikritik karena Swedia gagal membuat penampilan di Piala Dunia, sebelum timnya tampil buruk dari yang diharapkan pada kualifikasi Euro 2016 sehingga hanya berakhir di posisi ketiga di grup mereka di belakang Austria dan Rusia. Demikian laporan AFP.

(Uu.D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016