Pagi ini kita akan melanjutkan pencarian. Tadi pagi cuaca memang kurang mendukung karena gelap dan berkabut, hujan lebat disertai angin kencang. Namun sekarang sudah mulai terbuka
Timika (ANTARA News) - Kantor SAR Timika mengerahkan Kapal RB 217 untuk mencari 13 anak buah kapal (ABK) KM Azula yang tenggelam di perairan Kabupaten Asmat.

Kasubsi Operasi Kantor SAR Timika Hendra Salawane yang dihubungi Antara dari Timika, Rabu, mengatakan Kapal RB 217 dengan personel 17 orang akan bergabung dengan potensi SAR lainnya untuk melakukan pencarian kru kapal Azula yang masih belum ditemukan.

Selain mengerahkan satu unit kapal, Kantor SAR Timika mengerahkan tiga long boat, ditambah satu speat boat dari Polres Asmat dan satu speat boat dari Pemda Asmat.

Ikut juga dalam tim pencarian yaitu Koramil Asmat, Dinas Perhubungan Asmat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asmat.

"Pagi ini kita akan melanjutkan pencarian. Tadi pagi cuaca memang kurang mendukung karena gelap dan berkabut, hujan lebat disertai angin kencang. Namun sekarang sudah mulai terbuka. Tim mulai bergerak untuk melakukan pencarian," kata Hendra yang ikut dalam operasi pencarian tersebut.

Menurut dia, posisi KM Azula saat kandas kemudian tenggelam berada pada koordinat 05 derajat 38 menit 00 lintang selatan dan 137 derajat 55 menit 00 bujur timur.

Lokasi itu, katanya, masih cukup jauh dari daratan dengan jarak sekitar delapan mil dari daratan terdekat.

"Kami juga meminta bantuan masyarakat yang melintas dengan perahu motor agar dapat memberikan bantuan dan pertolongan jika menemukan kru kapal yang tenggelam tersebut.

Upaya pencarian kru KM Azula yang tenggelam di perairan Asmat itu dilakukan mulai Selasa (16/2).

"Kemarin sepanjang hari kami melakukan pencarian maksimal, namun belum mendapatkan hasil. Hari ini juga kami akan melakukan pencarian maksimal. Kita berharap dapat menemukan dan menyelamatkan para korban," kata Hendra.

KM Azula diketahui kandas di perairan Asmat pada Sabtu (13/2) malam sekitar pukul 20.03 WIT akibat mengalami kebocoran setelah masuk ke area perairan dangkal.

Identitas 13 ABK KM Azula yang tenggelam itu yaitu Abdul Rachman Hakim (nakhoda), Dimas Apriyona (mualim 1), Fasal (mualim 2), Agus Dwiuntoro (KKM), Aris Untori (masinis 1), Dani Purba (masinis 2), Muhammad Muntoha (juru mudi), Ahmad Fausi (juru mudi), Muhammad Aprisal (juru mudi), Samson Ambarita (juru minyak), Nuzakir (juru minyak), Anggit Restu Dianto (juru minyak) dan Taufik Nur Hidayat (juru minyak).

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016