Dibangunnya bandara BIJB yang berada di Kertajati Majalengka, harus dibarengi dengan adanya jalur yang terkoneksi ke wilayah Ciayumajakuning agar pengembangan ekonomi dan pariwisata bisa terus maju,"
Cirebon (ANTARA News) - Jalur koneksi antara Bandara Internasional Jawa Barat dan sejumlah daerah yang berada di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) perlu dipersiapkan untuk mempermudah akses ke wilayah tersebut dan juga meningkatkan ekonomi dan pariwisata yang ada.

"Dibangunnya bandara BIJB yang berada di Kertajati Majalengka, harus dibarengi dengan adanya jalur yang terkoneksi ke wilayah Ciayumajakuning agar pengembangan ekonomi dan pariwisata bisa terus maju," kata Deputi IV Kemenko Bidang Perekonomian I Wayan Dipta, saat menghadiri Focus Group Discussion optimalisasi pengembangan potensi ekonomi lokal untuk peningkatan daya saing daerah di Cirebon, Jumat.

Terkoneksinya BIJB dengan wilayah Ciayumajakuning sangat perlu untuk meningkatkan perekonomian daerah dan juga pariwisata yang ada, karena jika jalur itu tidak ada maka sulit juga untuk mengembangkan ekonomi dan wisata yang ada di daerah tersebut.

Ia menuturkan untuk masalah siapa yang mengawal infrastruktur yang terkoneksi antara BIJB dan wilayah Ciayumajakuning apakah dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun Pusat semuanya harus bersinergi untuk kemajuan ekonomi dan wisata di daerah tersebut.

"Semua ada porsi dan wewenangnya dan siapa yang mengawal infrastruktur yang terkoneksi antara bandara dan wilayah itu, apakah dari Pusat, Pemprov ataupun Daerah itu sendiri," tuturnya.

Sementara itu, Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat mengatakan, dengan adanya BIJB maka pertumbuhan pariwisata di Wilayah Ciayumajakuning akan meningkat tajam dan semua harus dipersiapkan.

Persiapan menyambut dioperasikannya BIJB harus berbarengan dengan adanya koneksi jalur untuk wilayah Ciayumajakuning agar pariwisata dan perekonomian bisa terbantu dengan adanya bandara tersebut.

"Memang harus segera dipikirkan karena sebentar lagi BIJB akan beroperasi dan itu butuh jalur koneksi, agar bisa meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Ciayumajakuning," kata Sultan.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016