Kiev (ANTARA News) - Yakin? Yakin menang ketika mesin organisasi tim sedang didera krisis demi krisis? Jawabannya, perlu peran pemimpin yang trengginas memotivasi seluruh anak buah untuk meraih prestasi gemilang.

Ini yang perlu dimiliki dan perlu diyakini oleh seluruh punggawa Manchester City, utamanya oleh sang pelatih Manuel Pellegrini.

Saatnya menjawab krisis dengan berinteraksi antara pemain dan pelatih dengan mengobarkan satu tekad meraih kemenangan.

Salah satu ujiannya, dapat disaksikan ketika Manchester City melawan Dynamo Kiev dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Stadion Olimpiyskyi, Kiev, Ukraina, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

The Citizens menghadapi krisis ketika menelan dua kekalahan di ajang Liga Inggris (Premier league), melawan Tottenham Hotspur dan Leicester City. Kekalahan yang tidak kurang menyakitkan dialami pasukan asuhan Pellegrini ketika ditekuk 1-5 oleh Chelsea di babak kelima Piala FA pada Senin pekan ini.

Situasi makin runyam manakala sederet pilar City dibekap cedera, yakni Samir Nasri, pemain sayap Jesus Navas, gelandang serang Kevin De Bruyne, gelandang bertahan Fabian Delph, dan penyerang Wilfried Bony.

Hanya saja kubu City boleh lega setelah berhembus warta bahwa bek Eliaquim Mangala siap tempur di Kiev, dan Pellegrini menegaskan bahwa seluruh pasukannya siap meladeni perlawanan anak-anak asuhan pelatih Serhiy Rebrov.

Pertanyaan lanjutan, apakah konsentrasi dan fokus pelatih asal Cile itu seratus persen mengingat ia segera hengkang dari City pada musim panas ini setelah berkiprah selama tiga musim kompetisi?

"Seluruh pemain siap tempur, mereka fokus pada laga pada musim ini. Ini tantangan yang terpenting dari awal sampai akhir tahun ini. Jalan terbaik, yakni fokus kepada setiap laga," kata Pellegrini.

Setelah kebobolan lima gol dan hanya memasukkan sebiji gol ke gawang The Blues, kontan Pellegrini dihajar kritik oleh para pecinta sejati Manchester City.

Mereka berujar bahwa keputusan pelatih menurunkan enam pemain muda sungguh tidak dapat dimaafkan. Akhir drama itu lantas bisa ditebak dengan dipandu pemaafan "silakan jalan terus dan jangan ulangi kekeliruan yang sama".

Melawan Dynamo Kiev, jelas bahwa Manchester biru menyandarkan diri kepada kemampuan dan ketrampilan Mangala yang berpaspor Prancis. Ia siap berlaga di Ukraina setelah absen dalam 10 pertandingan karena sebelumnya menderita cendera hamstring.

Di kubu Kiev, ini laga penampilan pertama dalam babak knockout di Liga Champions sejak 1998/99. Mereka tersingkir oleh Bayern Muenchen di semi-final. Sementara, City untuk kali ketiga berturut-turut dalam musim tampil di babak knock-out Liga Champions.

Komentar dua manajer:

* Serhiy Rebrov (Dynamo):

"City sedang mengalami badai cedera pemain, mencakup sejumlah pemain inti. Kenyataannya memang bahwa para pemain mereka berkelas dunia. Laga domestik kerapkali berbeda dengan Liga Champions. Untuk itu, kami mempritotaskan diri menghadapi pertandingan pekan ini."

"Kami telah menganalisis kekuatan dan kelemahan (mereka). Kami tahu bahwa mereka kuat dalam melancarkan serngan dengan mengandalkan Raheem Sterling, David Silva dan Sergio Agüero."

"Dengan Vincent Kompany di lini belakang, pertahanan mereka makin kokoh. Hanya saja, City punya banyak kelemahan dan semuanya telah kemai jelaskan kepada para pemain."

"Seluruh pemain siap tempur, termasuk Andriy Yarmolenko. Ia pemain yang sangat penting bagi kami, hanya saja kami melihat ia tidak seratus persen fit. Kami masih punya pemain lapis kedua. Junior Moraes (yang mengalami cedera dalam latihan terakhir) kini siap tempur bersama rekan dalam tim."

* Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Kami punya skuat yang sama dengan tim yang kali terakhir tampil di Liga Inggris. Kami membuat keputusan yang sulit ketika melawan Chelsea di ajang Piala FA."

"Kami punya 13 pemain yang siap turun bertanding, untuk itu kami harus mengorbankan satu turnamen. Hanya saja sekarang, kami siap turun di seluruh kompetisi."

Prakiraan susunan pemain:

* Dynamo Kiev (4-2-3-1):

Shovkovskiy (penjaga gawang); Danilo Silva, Khacheridi, Dragovic, Vida; Rybalka, Garmash, Buyalskiy, González, Yarmolenko; Teodorczyk.
Absen: Antunes (suspensi), Morozyuk (cedera lutut)
Diragukan tampil: Yarmolenko (cedera lutut), Rybka (tidak dijelaskan), Sydorchuk (tidak dijelaskan)
Absen dalam laga selanjutnya jika terima kartu dari wasit: Danilo Silva, Rybalka, Korzun, Buyalskiy

*Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang); Zabaleta, Kompany, Otamendi, Clichy; Fernandinho, Fernando; Silva, Touré, Sterling; Agüero.
Absen: Delph (cedera betis), De Bruyne (cedera lutut), Bony (cedera betis), Navas (cedera hamstring)
Diragukan tampil: Sagna (cedera lutut), Mangala (cedera hamstring)

Data dan fakta:
* Dynamo Kiev tidak mencapai babak knockout Liga Champions sejak 1998/99. Mereka tersingkir oleh Bayern Muenchen di semi-final.
* Dynamo Kiev finis di tempat kedua Grup G untuk mencapai babak knockout.
* Manchester City finis di Frup D di bawah Juventus. Ini kali ketiga mereka secara berturut-turut melaju ke babak knock-out Liga Champions.      
* Manchester City merupakan tim yang lolos ke babak 16 besar yang justru gagal membukukan clean sheet dalam babak penyisihan grup.
* Dalam 34 laga di Liga Champions, City selalu mencetak gol. Mereka hanya menorehkan empat clean sheet dari 34 pertandingan.  
     
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Dynamo Kiev: W D W L W

17-02-16 Dynamo Kiev 2 - 1 Strømsgodset
14-02-16 Litex Lovech 1 - 1 Dynamo Kiev
11-02-16 Benfica 0 - 2 Dynamo Kiev
10-02-16 Dynamo Kiev 0 - 2 Málaga
07-02-16 Dynamo Kiev 1 - 0 Suwon Samsung

* Manchester City: L L L W  W
21-02-16 Chelsea 5 - 1 Manchester City
14-02-16 Manchester City 1 - 2 Tottenham Hotspur
06-02-16 Manchester City 1 - 3 Leicester City
02-02-16 Sunderland 0 - 1 Manchester City
10-01-16 Aston Villa 0 - 4 Manchester City

* Head to Head:
 17-03-11 Manchester City 1 - 0 Dynamo Kiev
10-03-11 Dynamo Kiev 2 - 0 Manchester City

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 * Dynamo Kiev 1 - 2 Manchester City (15 persen)
* Dynamo Kiev 0 - 2 Manchester City (14 persen)
* Dynamo Kiev 0 - 0 Manchester City (12 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Pellegrini dikenal sebagai sosok pelatih yang mengetahui betul makna tanggungjawab. Ia pelatih yang bertalenta dan berperan profesional dalam membesut setiap tim.
* Pellegrini tidak terlalu menunjukkan respons yang gusar ketika mendengar bahwa Pep Guardiola akan menangani Manchester City di musim panas mendatang.
* City mengandalkan penampilan Raheem Sterling. Toh, pemain ini telah membuktikannya ketika melawan Bournemouth dan Tottenham Hotspur.
* Benar bahwa City bukan tanpa kelemahan, hanya saja pasukan asuhan Pellegrini ini tetap berbahaya bagi pertahanan Dynamo Kiev.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Dynamo Kiev: 1
* Manchester City: 2





Group D
KlubsMain
Poin
Manchester City FC612
Juventus611
Sevilla FC66
VfL Borussia Mönchengladbach65


Group G
KlubMain
Poin
Chelsea FC613
FC Dynamo Kyiv611
FC Porto610
Maccabi Tel-Aviv FC60

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016