... satu tempat bisa serentak untuk koordinasi, memudahkan koordinasi."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menangani persoalan terkait narkoba, termasuk pemberantasan, pencegahan, dan rehabilitasi korban secara terpadu, kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso.

"Ada satgas khusus menangani masalah narkoba terpadu. Nanti akan ditentukan tempatnya dimana berada, jadi saat pemberantasan narkoba akan ditangani bersama sesuai perannya masing-masing," katanya dalam jumpa pers setelah rapat terbatas di Kantor Presiden di Jakarta, Rabu.

Satgas itu, dikemukakannya, akan beranggotakan perwakilan dari kementerian dan lembaga terkait dengan pimpinan dari BNN.

Untuk dana operasi, menurut dia, baru akan direncanakan dan dianggarkan menyusul agar bisa dilihat sesuai kebutuhan.

"Dengan adanya satgas khusus ini, maka pengendalian terkait masalah narkoba bisa di satu tempat bisa serentak untuk koordinasi, memudahkan koordinasi," katanya.

Dalam waktu dekat, ia menyatakan, akan ditentukan tempat khusus untuk satgas tersebut berada sehingga penanganan urusan narkoba termasuk jika ada informasi yang masuk bisa ditangani secara bersama-sama sesuai perannya masing-masing.

Untuk program awal, Budi menambahkan, enam bulan dari sekarang segera dirancang program operasi khusus tentang masalah narkoba.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas itu meminta agar seluruh kementerian/lembaga berperang melawan narkoba.

Untuk itu, Presiden meminta seluruh jajarannya untuk menentukan langkah ke masa depan dalam hal penindakan, pencegahan, dan rehabilitasi narkoba.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016