Kendari (ANTARA News) - Anggota MPR RI Tina Nur Alam mengajak dan mendorong para pemuda untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengajak generasi muda yang masih berstatus pelajar ini untuk mengumandangkan dan mempedomani nilai-nilai yang terkandung pada empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Tina Nur Alam saat menggelar acara sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di SMA 8 Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan, generasi muda adalah pelanjut kepemimpinan dimasa mendatang sehingga sangat penting untuk memegang teguh apa yang menjadi dasar dan ideologi bangsa yang termuat dalam empat pilar sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Generasi muda harus mengambil bagian terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Maka dari itu, jangan mudah terpengaruh dengan ajakan-ajakan separatisme yang ada," kata Tina Nur Alam yang merupakan legislator PAN dapil Sultra ini.

Menurut dia, dalam kehidupan seperti sekarang ini nilai-nilai luhur kegotong-royongan mulai memudar, nilai-nilai tata krama dan budi pekerti mulai tergerus oleh zaman.

"Karena itu, generasi muda harus mengembalikan nilai-nilai luhur itu menjadi pedoman dalam semua lingkup kehidupan yakni sekolah, keluarga dan sosial," katanya.

Tina berpesan kepada peserta untuk jangan pernah mengaku-ngaku dirinya nasionalis jika belum benar-benar memahami isi dan makna dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang biasa kita kenal dengan Empat Pilar Kebangsaan.

Ia menjelaskan, sesuai dengan amanat Undang-undang melalui Sekretariat Jenderal MPR RI bahwa anggota MPR RI yang di dalamnya terdiri anggota DPR dan DPD harus melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pancasila, Undang-undang Negar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

"Pancasila sebagai ideologi bangsa bukan hanya semata atau sebagai lips service saja, akan tetapi Pancasila harus hidup dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tina Nur Alam, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Konawe Selatan dan panitia pelaksana atas kesuksesan kegiatan itu.

Usai penyampaian materi sosialisasi dilanjutkan dengan kuis kepada siswa siswi SMK yang menjadi peserta sosialisasi terkait materi yang disajikan, siswa yang menjawab dengan benar diberi hadiah.

Sosialisasi dengan sasaran utama ratusan pelajar tersebut dihadiri pula unsur pejabat di Konawe Selatan yakni Sekretaris Daerah Konawe Selatan, beberapa SKPD, ketua PKK Konawe Selatan Nurlin Surunuddin

Pewarta: Suparman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016