Purwakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengirim personel pemadam kebakaran serta pasukan tanggap bencana untuk membantu korban banjir di Kabupaten Bandung.

"Ada 25 personel gabungan yang dikirim ke Bandung," kata Kepala Pemadam Kebakaran Yudi Herdiana, di Purwakarta, Senin.

Ia menyatakan, sesuai dengan laporan yang telah diterima, warga korban banjir tersebut membutuhkan transportasi dan akses karena daerahnya digenangi air cukup tinggi.

"Kami juga akan siapkan sembilan perahu karet serta satu kendaraan Damkar untuk disiagakan di Dayeuhkolot untuk membantu evakuasi warga," kata Yudi.

Ia menyatakan, pengerahan personel gabungan ini juga didorong oleh inisiatif Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Dirinya juga mengajak para pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta ikut aktif membantu menyisihkan logistik untuk para korban bencana banjir.

"Ini ajakan yang didasarkan atas rasa kemanusiaan. Kita bantu setidaknya bisa secara langsung mengurangi beban para korban terdampak banjir," kata dia.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi agar mengimbau petugas gabungan Damkar, SAR, serta Pasukan Tanggap Bencana untuk segera turun ke lokasi terdampak bencana.

"Personel dikirim pada Senin ini, membawa perahu karet dan puluhan pelampung untuk evakuasi. Nanti logistik akan didistribusikan secara bertahap, yang penting kita siapkan personel terlebih dahulu untuk membantu," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016