Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat terkait perkembangan kondisi dinamika atmosfer wilayah Indonesia yang menunjukkan adanya indikasi potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Sumatera.

"Hal ini terpantau mulai kemarin sore (21 Maret 2016) hingga  menjelang pagi yang merata di wilayah sebagian besar Sumatera dengan intensitas hujan sedang hingga sangat lebat, sehingga perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan di mana akumulasi curah hujan juga akan tinggi," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto, dalam siaran persnya, Selasa.

Menurut Yunus, potensi terjadi hujan lebat dipengaruhi oleh mulai aktifnya aliran massa udara yang cukup kuat dari Barat (westerly wind burst & MJO) di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera hingga Jawa bagian Barat yang mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa wilayah di Indonesia termasuk wilayah sebagian besar Sumatera dan Jawa bagian Barat.

Selain wilayah Pesisir Barat Sumatera, daerah lain yg berpotensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan, antara lain Aceh bagian Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau bagian Utara, Jambi bagian Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Barat, dan Lampung.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat bagian Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah bagian Selatan, Sulawesi Selatan bagian Utara, dan Papua bagian Utara.

Dengan masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga terutama di daerah dataran tinggi/pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang, lahar dingin, dan tanah longsor serta daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016