Sidoarjo, Jawa Timur (ANTARA News) - PT Angkasa Pura 1 Juanda memprediksi puncak arus balik saat libur panjang akan terjadi pada Minggu malam (27/3). 

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Jawa Timur, Liza Anindiya, Minggu, mengatakan, sesuai dengan prediksi memang puncak arus balik diperkirakan pada Minggu malam.

"Prediksi kami akan terjadi puncak arus balik pada malam nanti karena besok sudah awal pekan dan warga masyarakat sudah mulai beraktivitas lagi seperti hari-hari biasanya," katanya.

Ia mengemukakan, ada peningkatan sekitar 13,5 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

"Jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara di Bandara Internasional Juanda untuk domestik mengalami peningkatan dari 50.347 penumpang menjadi 57.165 penumpang atau meningkat 13,5 persen saat libur Paskah saat ini," katanya.

Ia mengatakan, untuk terminal internasional juga mengalami peningkatan sebesar 7,4 persen yaitu dari 4.486 ribu penumpang menjadi 4.816.000 penumpang.

"Pada libur Paskah ini juga tidak ada penambahan jumlah penerbangan karena lonjakannya pun tak setinggi libur Idul Fitri ataupun libur hari besar lainnya," katanya.

Ia mengatakan, tujuan paling banyak saat libur Paskah tahun ini adalah Surabaya-Jakarta yakni Soekarno Hatta dan sebaliknya disusul kemudian jurusan Surabaya-Balikpapan.

"Sedangkan untuk jurusan internasional adalah tujuan Kuala Lumpur-Surabaya dan Singapura-Surabaya," katanya. 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016