Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA News) - Ratusan siswa kelas XII Madratsah Aliyah Negeri 1 Tulungagung, Jawa Timur menggelar istigotsah atau doa bersama menjelang pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA sederajat pada 4-6 April.

Ritual digelar di masjid sekolah ini dengan dipimpin koordinator guru pembina agama, Nanang Ashari, sejak jam pelajaran pertama dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

"Kegiatan ini (istigotsah) sudah kami lakukan sejak kemarin dan digelar selama tiga hari berturut hingga Sabtu (2/4)," kata Nanang.

Pada istigotsah hari pertama dan kedua, kata dia, ritual doa bersama hanya diikuti oleh siswa kelas XII MAN 1 Tulungagung yang berjumlah 375 siswa.

Namun pada hari terakhir rangkaian kegiatan spiritual yang diselenggarakan secara khusus guna membangun kesiapan mental dan spiritual siswa menjelang UN, istigotsah akan diikuti seluruh siswa.

Selain membina spiritual siswa, kata dia, prosesi seperti itu dianggap penting dalam mempersiapkan mental siswa agar lebih fokus dalam menghadapi ujian nasional.

"Intinya, semua upaya dilakukan sejauh itu halal dan dibenarkan secara syariat Islam. Tahun lalu hasil UN siswa kami cukup baik dan semua lulus, tahun inipun kami berharap hasil yang minimal sama atau bahkan lebih baik. Amin," ucap Nanang.

Salah satu siswa peserta istigotsah bernama Aldesir Z menanggapi positif digelarnya doa bersama ini.
"Istigotsah dan doa bersama seperti ini membuat kami lebih tenang," ujarnya.



Pewarta: Destyan Handri Sujarwoko
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016