Braga, Portugal (ANTARA News) - Wakil Ukraina, Shaktar Donetsk, berhasil mengatasi tuan rumah Sporting Braga dengan skor 2-1 saat melakoni laga pertama perempat final Liga Europa di Stadion Municipal de Braga, Portugal, Jumat pagi WIB.

Kemenangan tersebut menjadi modal penting bagi tim yang diarsiteki Mircea Lucescu itu saat menjamu Braga di laga kedua pada pekan depan di Stadion Arena Lviv.

Pemain bertahan Yaroslav Rakitskiy dan penyerang Facundo Ferreyra menyumbangkan dua gol kemenangan Donetsk, sementara gol balasan Braga dicetak oleh pemain pengganti Wilson Eduardo di pengujung laga.

Satu menit jelang turun minum Donetsk membuka keunggulan mereka lewat Rakitskiy memanfaatkan situasi sepak pojok.

Bola sepak pojok yang masuk ke dalam kotak penalti berubah arah ke tiang jauh tempat Rakistky berdiri dan menyambutnya dengan tembakan sentuhan pertama yang sempat memantul ke tanah sebelum melewati penjaga gawang Matheus Magalhaes.

Pertandingan yang sebetulnya dikuasai tuan rumah dengan 56 persen pengendalian bola itu diwarnai rendahnya efektivitas serangan tim besutan Paulo Fonseca itu, yang hanya menemui sasaran sebanyak enam kali dari 21 percobaan tembakan yang dilepaskan.

Sebaliknya tim tamu bermain sedikit lebih efektif dan memperbesar keunggulan mereka pada menit 75 lewat Ferreyra.

Gol itu berawal dari pergerakan Marlos di sisi kanan yang merebut bola liar hasil tandukan bek Braga Marcelo Goiano dan melepaskan umpan tarik ke Ferreyra yang berdiri tanpa kawalan berarti sebelum menyelesaikannya dengan tendangan ungkit mengelabui Magalhaes.

Sebuah gol telat dicetak tuan rumah pada menit 89 lewat Eduardo yang menanduk umpan lambung Baiano, menutup laga dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Sporting Braga (4-4-2): Matheus Magalhaes (PG); Baiano, Willy Boly, Ricardo Ferreira, Marcelo Goiano; Pedro Santos, Luiz Carlos, Nikola Vukcevic (Filipo Augusto), Rafa; Nikola Stojiljkovic (Wilson Eduardo), Ahmed Hassan.
Pelatih: Paulo Fonseca

Shaktar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov (PG); Darijo Srna, Ivan Ordets, Yaroslav Rakitskiy, Ismaily; Maksim Malyshev, Taras Stepanenko; Taison (Dentinho), Viktor Kovalenko (Bernard), Marlos (Eduardo da Silva); Facundo Ferreyra.
Pelatih: Mircea Lucescu

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016