Jakarta (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan membuka pendaftaran kandidat calon gubernur DKI Jakarta dari kalangan masyarakat umum di luar partai mulai Senin.

"Terbuka untuk umum, kami ingin memberi pilihan sebanyak-banyaknya untuk warga Jakarta agar bisa mencari pemimpin yang lebih baik," kata Wakil Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi DKI Jakarta Heriandi di Jakarta, Senin.

Heriandi menjelaskan bahwa partai tidak memungut biaya pendaftaran, siapa saja yang memenuhi syarat, antara lain berpendidikan minimal sekolah menengah atas atau yang sederajat, bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi bakal calon gubernur DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh partai.

Para pendaftar antara lain diminta menyerahkan berkas surat permohonan ikut penjaringan, fotokopi identitas, fotokopi ijazah, surat kesehatan, keterangan bebas narkoba serta surat keterangan catatan kepolisian.

Setelah pendaftaran, partai akan menyeleksi berkas dan mereka yang lolos harus memaparkan visi misi mereka sebagai kandidat calon gubernur.

Para pendaftar mesti melalui uji kelayakan dan kepatutan sebelum PKB memutuskan calon mana yang akan mereka usung untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Heriandi mengatakan hari ini ada tiga calon yang akan mendaftarkan diri, termasuk Hasnaeni yang berjuluk Wanita Emas.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016