Arium Banking Suites merupakan solusi digital karya anak bangsa dan sudah sesuai dengan regulasi di sektor keuangan. Solusi ini disegarkan kembali agar pelanggan segmen perbankan kian kompetitif di era digital banking,"
Jakarta (Antara) - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya TelkomSigma memperkenalkan kembali Arium Banking Suites, solusi inovatif untuk meningkatkan daya saing industri perbankan nasional.

"Arium Banking Suites merupakan solusi digital karya anak bangsa dan sudah sesuai dengan regulasi di sektor keuangan. Solusi ini disegarkan kembali agar pelanggan segmen perbankan kian kompetitif di era digital banking," ungkap CEO Telkomsigma, Judi Achmadi, di Jakarta, Rabu.

Menurut Judi, inovasi ini diharapkan bisa jadi senjata anak usaha Telkom itu untuk mempertahankan pelanggan lamanya sekaligus menggenjot tambahan seratusan bank baru untuk jadi kliennya.

Sejak dikembangkan pada Desember 2011, solusi ini memiliki kemampuan untuk melakukan proses transaksi secara detail dan menyeluruh, meliputi seluruh jenis transaksi mulai dari transaksi treasury, investasi, investasi dan hingga asset management.

Aplikasi ini juga mendukung untuk transaksi konvensional dan syariah.

Arium Banking Suites sudah dilengkapi dengan graphic user interface, yang dapat memudahkan nasabah untuk menikmati layanan perbankan 24 jam, mempercepat proses data, mudah diintegrasi dengan berbagai channel branchless dan adaptif terhadap pertumbuhan bisnis.

Konsep dari Arium Banking Suites adalah bebas audit (Audit Free) dimana jika ada pemeriksaan dari regulator akan ditangani oleh Telkomsigma. Business Presence yakni membuat bank menjadi fokus kepada bisnisnya sementara urusan TI dikelola oleh Telkomsigma. Berikutnya, mengurangi biaya operasional dan disediakan dashboard.

"Kita sudah ada 50 bank besar yang menjadi pelanggan Arium, salah satunya Bank Pundi. Targetnya, pelanggan eksisting ini akan migrasi ke versi terbaru dari Arium ini," kata Judi.

Selain itu, Arium juga akan ditawarkan ke pelanggan Telkomsigma dari kalangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

"Kami sudah layani sekitar 100 BPR saat ini. Hingga akhir tahun ini diharapkan menjadi 200 BPR, dan jangka panjang melayani 1.600 BPR," katanya lebih lanjut.

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Pundi Indonesia, Maximianus Puguh Djiwanto mengatakan, pemilihan upgrade ke versi baru dari Arium agar mampu berkompetisi dalam layanan digital di perbankan.

"Telkomsigma telah menjadi mitra teknologi kami untuk semua solusi dan layanan berbasis TI. Kami tidak ragu lagi untuk tumbuh dan berkembang dengan solusi Arium Banking Suites Telkomsigma," kata Puguh.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016