Jakarta (ANTARA News) - Kulit ketiak yang menghitam salah satunya terjadi karena cara mencukur rambut ketiak yang salah, menurut ahli kesehatan, dr Fika Putri Aesthetika. Oleh karena itu, menurut dokter dari Klinik ZAP itu, sebelum mencukur sebaiknya pastikan kondisi ketiak tidak terlalu lembab atau justru terlalu kering.

"Cukur yang aman itu, pastikan dulu ketiak tidak terlalu lembab atau terlalu kering. Saat mencukur sebaiknya jangan ditekan kuat-kuat," ujar dia, di Jakarta, Kamis. 

Selain itu, mencukurlah dalam satu gerakan tangan, jangan berulang-ulang, karena juga berisiko membuat kulit ketiak menghitam. 

Dia juga menyarankan kita mencukur setelah mandi, karena kondisi kulit telah bersih. Kemudian, untuk alat cukur, sebaiknya periksa ketajaman alat. 

Semakin tumpul pisau cukur maka akan semakin menyiksa kulit. Selain itu, gantilah pisau cukur setidaknya satu bulan sekali. 

"Cara pencukuran sebaiknya diperhatikan baik-baik. Saat mencukur seringkali terjadi pergerakan akar rambut. Tak jarang timbul infeksi akar rambut karena cara cukur yang salah dan alat tidak hygiene," kata dokter itu. 

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016