Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) menyalurkan Pembiayaan Modal Kerja (PMK) kepada PT Adhi Karya (Persero) sebesar RP7,5 triliun yang disalurkan melalui dua mekanisme.

"Tahap pertama, BRI menyalurkan fasilitas "non cash loan" sebesar Rp7 triliun secara bertahap kemudian tahap kedua, yang "cash loan" sebesar Rp500 miliar," kata Direktur Kelembagaan BRI, Kuswiyoto setelah penandatanganan perjanjian tersebut di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kontraktor dalam hal ini PT Adhi Karya memang meminta Jaminan Bank (bank garansi) dalam menjalankan proyeknya.

"Kalau kontraktor itu perlunya bank garansi karena dari "bowheer" (pemilik proyek) kan mintanya bank garansi," tuturnya.

Terkait pinjaman yang diberikan sangat besar, Kuswiyoto mengatakan memang yang diperlukan bank garansi itu cukup tinggi, jadi prosesnya ada uang muka dan juga bank garansi.

"Sehingga uangnya itu bisa diputar dan modal kerjanya cukup Rp500 miliar, jadi yang "cash" hari ini Rp500 miliar, yang Rp7 triliun dalam satu tahun ke depan untuk bank garansi. Bank garansi kan banyak, ada bank garansi untuk tender, pelaksanaan, uang muka, pemeliharaan, dan sebagainya," ujarnya.

Ia mengatakan penyaluran modal kerja sebesaar Rp7,5 triliun ini memiliki tenor dalam jangka satu tahun yang akan berakhir pada 11 Mei 2017.

"Kalau untuk bunganya, itu urusan kami (BRI) dengan Adhi Karya," ucap Kuswiyoto.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016