Jakarta (ANTARA News) - Gus Joy, yang akan maju dalam bursa pencalonan gubernur DKI Jakarta 2017, bertekad mengambalikan tempat-tempat yang pernah terdampak penggusuran di ibukota.

"Andaikan Allah ngasi jalan untuk saya menjadi gubernur, tempat-tempat yang telah digusur saya kembalikan ke normal dan selanjutnya akan saya tata dengan rapi," katanya dalam deklarasi relawan Orang Kita, di Jakarta, Jumat petang.

Gus Joy, yang juga mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang digelar PDIP beberapa waktu lalu, menilai penggusuran tidak hanya terdampak pada pemukiman warga, namun juga cagar budaya yang seharusnya dilestarikan.

"Terutama cagar-cagar budaya. Banyak itu masjid-masjid yang telah digusur. Akan saya kembalikan ke normal," kata dia.

Selain itu, ia juga ingin menjadikan Jakarta sebagai kota yang megah, yaitu kota yang modern, religius, bermartabat, aman, nyaman dan berbasis teknologi akar bawah.

"Itu nanti kalau terlaksana, insyaallah negara kita atau Jakarta bisa menjadi ibukota kebanggaan nasional dan internasional." kata Gus Joy.

Tekad itu ia utarakan sebagai rasa kecewanya terhadap kondisi Jakarta saat ini, yang dinilainya tidak modern dan tidak religius.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016