Paris (ANTARA News) - Rumania di bawah arahan manajer Anghel Iordanescu mengandalkan kerja keras dan mencoba tampil dengan kesungguhan hati menghadapi Prancis, Rumania dan Swiss di Grup A Piala Eropa 2016.

Sejumlah pengamat menyebutkan bahwa Rumania bukan tim yang mudah dikalahkan oleh tim lainnya.

Iordanescu menerapkan formasi 4-2-3-1. Manajer berusia 66 tahun ini terus memompa semangat bertanding tim asuhannya dengan bekerja keras dengan bermodal sederet pemain mudah bertalenta.

Kekuatan:
Rumania dikenal sebagai tim yang memiliki organisasi permainan yang apik. Mereka mengandalkan lini pertahanan yang kokoh, pertahanan yang sulit ditembus lawan. Skuad Rumania hanya menelan dua kekalahan dari 10 laga di babak penyisihan.

Kelemahan:       
Tidak ada kata lain bagi Rumania, yakni melancarkan serangan balik. Ini yang justru menciptakan lubang yang dapat dimanfaatkan oleh lawan. Mereka kurang memiliki gelandang-gelandang handal untuk menciptakan peluang.

Susunan lengkap timnas Rumania:

Penjaga gawang: Ciprian Tatarusanu (Fiorentina), Costel Pantilimon (Watford), Silviu Lung (Astra Giurgiu)
Bek: Cristian Sapunaru (Pandurii Targu Jiu), Alexandru Matel (Dinamo Zagreb), Vlad Chiriches (Napoli), Valerica Gaman (Astra Giurgiu), Dragos Grigore (Al-Sailiya), Cosmin Moti (Ludogorets Razgrad), Razvan Rat (Rayo Vallecano), Steliano Filip (Dinamo Bucharest)
Gelandang: Mihai Pintilii (Steaua Bucharest), Ovidiu Hoban (Hapoel Be'er Sheva), Andrei Prepelita (Ludogorets Razgrad), Adrian Popa (Steaua Bucharest), Gabriel Torje (Osmanlispor), Alexandru Chipciu (Steaua Bucharest), Nicolae Stanciu (Steaua Bucharest), Lucian Sanmartean (Al Ittihad)
Pemain depan: Claudiu Keseru (Ludogorets Razgrad), Bogdan Stancu (Genclerbirligi), Florin Andone (Cordoba), Denis Alibec (Astra Giurgiu)

Jadwal laga:
v Prancis (10 Juni, Saint-Denis)
v Switzerland (15 Juni, Paris)
v Albania (19 Juni, Lyon)

Hasil laga di babak kualifikasi:
(Won: menang; Drew:imbang; Lost: kalah; a: laga tandang; h:laga kandang)

Won 1-0 v Greece (a)
Draw 1-1 v Hungary (h)
Won 2-0 v Finland (a)
Won 2-0 v Northern Ireland (h)
Won 1-0 v Faroe Islands (h)
Drew 0-0 v Northern Ireland (a)
Drew 0-0 v Hungary (a)
Drew 0-0 v Greece (h)
​Drew 1-1 v Finland (h)
Won 3-0 v Faroe Islands (a)

Pencetak gol terbanyak Rumania di babak kualfikasi:
2 - Bogdan Stancu
2 - Paul Papp
2 - Constantin Budescu
1 - Ciprian Marica
1 - Raul Rusescu
1 - Claudiu Keșerü
1 - Ovidiu Hoban
1 - Alexandru Maxim

Prediksi timnas Rumania:

* Rumania sarat dengan pengalaman berlaga di berbagai turnamen berskala internasional. Hanya saja usia skuad mereka tidak lagi muda. Faktor ini yang menyebabkan tim asuhan pelatih Anghel Iordanescu perlu lebih bekerja keras ketika melancarkan serangan balik dan memerlukan energi ekstra ketika menahan gempuran lawan.
* Rumania memiliki tiga penjaga gawang yang ciamik, di antaranya Ciprian Tatarusanu, dengan didukung mantan bek Spurs Vlad Chiriches.
* Tim lawan perlu mengerahkan strategi khusus dan energi serba plus untuk membongkar pertahanan Rumania yang tidak kebobolan gol dalam 428 menit laga di babak penyisihan.  
* Ketika kreativitas menjadi kata kunci bagi tim, Rumania tentunya kehilangan pemain senior sarat pengalaman Lucian Sanmartean yang kini telah berusia 36 tahun. Ia kini bermain di Liga Saudi Arabia.
* Rumania kini berada di peringkat ketujuh menurut badan sepak bola dunia. Catatan ini tentunya menunjukkan bahwa Rumania bukan tim sembarangan, bahkan boleh dikata siap mengukir kejutan.
* Rumania mengandalkan dua wajah baru yakni Florin Andone dan Denis Alibec yang siap memukau di perhelatan Piala Eropa 2016.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016