Perth (ANTARA News) - Pesisir timur Australia, meliputi negara bagian New South Wales (NSW), Victoria, Queensland, dan Tasmania, Sabtu, bersiap menghadapi badai berikut angin kencang dan banjir pada akhir pekan ini.

Di sebagian wilayah di Queensland, Biro Meteorologi (BoM) memprakirakan, bakal turun hujan sangat deras dan menimbulkan genangan di banyak tempat.

Peringatan potensi banjir juga sudah diumumkan untuk kawasan timur Victoria, tepatnya kawasan Gippsland. Sementara itu penduduk di Tasmania diperingatkan tentang angin kencang.

Sebagaimana dilaporkan jaringan berita ABC, angin kencang berkecepatan hingga 90 kilometer/jam berpotensi terjadi di pesisir Queensland dan NSW, sedangkan hujan deras hingga intensitas 250 milimeter diprediksi turun di kawasan sekitaran pantai.

Menurut seorang petugas BoM, Michael Paeche, semalam telah turun hujan dengan intensitas 80mm di Yeppon, Queensland. Kawasan yang berada di antara Kota Bundaberg dan Gladstone bahkan tercatat dilanda hujan hingga 93mm per jam.

Dalam siaran televisi berita pagi juga dilaporkan pemerintah di ibukota Queensland, Brisbane, berupaya memitigasi banjir ke kawasan perumahan dengan mulai memasang karung-karung berisi pasir.

(E012)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016