Palembang (ANTARA News) - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, memadati pasar tradisional dan modern untuk membeli berbagai bahan makanan persiapan menu sahur puasa pertama bulan Ramadan 1437 Hijriah/2016 Masehi.

Pantauan di Palembang, Minggu, warga memadati pasar tradisional seperti pasar kawasan Jalan Merdeka, Pasar 16 Ilir, dan pasar Sekip Ujung, serta sejumlah pasar swalayan seperti di mal Palembang Square, Palembang Trade Center, dan Palembang Indah Mal untuk membeli bahan makanan dan makanan siap saji persiapan sahur hari pertama dan sekaligus untuk menu berbuka puasa Senin (6/6).

Akibatnya, arus lalu lintas menuju tempat belanja menjadi padat dan pengunjung sulit mendapatkan tempat parkir kendaraan terutama parkir mobil.

Sejumlah warga Palembang, mengatakan, mereka yang meyakini awal Ramadan pada 6 Juni 2016, berupaya menyiapkan makanan untuk sahur dan sekaligus berbuka puasa bersama keluarga, karena momentum hari pertama puasa bulan Ramadan ini akan dimanfaatkan dengan baik.

Bahan makanan yang dibeli di pasar tradisional seperti ikan, ayam, sayur mayur, kurma, dan aneka jenis buah-buahan.

"Sahur dan berbuka puasa bersama pada hari pertama akan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menu makanan yang spesial, karena jika pada hari biasa anggota keluarga sulit berkumpul secara utuh karena ada yang sibuk bekerja dan kuliah, kini momentum bulan Ramadan berupaya menyediakan waktu kebersamaan yang lebih banyak" ujar Rosmala.

Selain warga yang mendatangi pasar tradisional dan mal untuk membeli bahan makanan dan makanan siap saji menu sahur dan persiapan berbuka puasa, ada juga yang membeli beberapa barang keperluan lainnya dan perlengkapan rumah tangga.

Menurut Dewi, menyambut datangnya bulan suci Ramadan, selain membeli makanan untuk sahur dan berbuka puasa, dia memanfaatkan waktu libur akhir pekan ini untuk mencari sejumlah barang keperluan lainnya di mal untuk menunjang aktivitas kerja, dan melengkapi peralatan dapur dan makan.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016