Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Meksiko mengalahkan Uruguay dalam pertandingan penyisihan Grup C Copa America Centenario 2016 di Stadion UniversitasPhoenix, Glendale, Arizona, Senin pagi WIB.

Statistik dari laman Copa America 2016 mencatat, Meksiko unggul penguasaan bola hingga 56 persen dan melepaskan 11 tendangan percobaan gol sementara Uruguay hanya melakukannya enam kali sepanjang laga.

Meksiko membuka keunggulan berkat gol bunuh diri Alvaro Pereira pada menit 4 yang berawal dari umpan silang Guardado yang disundul Pereira saat berduel dengan Hector Herera, namun bola malah masuk ke gawang sendiri.

Urugay mendapatkan peluang pada menit 29 lewat sepakan Edinson Cavani setelah meneruskan umpan terobosan Lodeiro, sayang tembakan striker Paris Saint-Germain itu berhasil ditepis kiper.

Menjelang babak pertama berakhir, Uruguay harus bermain dengan 10 pemain setelah Matias Vecino diganjar kartu kuning kedua akibat tekel keras terhadap Corona.

Pada babak kedua, Rolan hampir membobol gawang Meksiko saat berada dalam posisi terbuka untuk melepaskan tembakan langsung, tetapi sepakannya terlalu lemah dan melenceng dari sasaran.

Pada menit 73 giliran pemain Meksiko Guardado mendapatkan kartu kuning kedua setelah mengajukan protes terlalu keras terhadap wasit.

Imbang jumlah pemain langsung dimanfaatkan Diego Godin untuk menyamakan kedudukan dengan menyundul bola hasil tendangan bebas Sanchez. Kiper pun tak kuasa menahan laju si kulit bundar.

Meksiko kembali unggul pada menit 85 lewat gol Rafael Marquez setelah berhasil menyambar bola liar di dalam kotak penalti dan melesakkan tembakan keras dari sudut sempit.

Pada masa injury Meksiko memastikan kemenangnnya lewat gol Hector Herrera yang memaksimalkan umpan Raul Jimenez dengan  tandukannya yang menggetarkan gawang Uruguay untuk ketiga kalinya.

Susunan pemain:
Meksiko: Talavera; Araujo, Reyes, Moreno, Layun; Herrera, Marquez, Guardado; Corona, Chicharito, Aquino.
Uruguay: Muslera; M. Pereira, Godin, Gimenez, A. Pereira; Sanchez, Vecino, Rios, Lodeiro; Cavani, Rolan

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016