Jakarta (ANTARA News) - Skuad Inggris menjadi tim yang relatif susah payah lolos ke babak penyisihan Piala Eropa 2016. Penyebabnya, Three Lions tidak jarang diterpa sindroma bertanding dalam tekanan dan membawa nama besar sebagai asal sejarah sepak bola modern. Sementara, Wales bertindak sebagai tim kuda hitam.

Berikut prediksi Grup B Piala Eropa 2016 sebagaimana dikutip dari laman sportsonearth:

Inggris:
* Inggris melaju ke Prancis bukan pekerjaan mudah. Mereka kerapkali tampil kurang percaya diri, terus dibayangi oleh kegagalan di Piala Dunia 2014.
* Ini kesempatan emas bagi Inggris untuk kembali memperoleh kepercayaan dari para pendukung setia Three Lions.
* Tampil di Piala Eropa, Inggris membawa sejumlah pemain berkarakter menyerang, sebut saja Harry Kane, Jamie Vardy, Dele Alli, Ross Barkley dan Marcus Rashford, dengan tidak mengabaikan ketajaman dan kejelian Wayne Rooney.
* Lini pertahanan menjadi titik lemah Inggris. Di sini tugas Joe Hart di bawah mistar gawang semakin berat untuk menutup lubang lemah lini belakang.    

Rusia:
* Warta negatif mewarnai atmosfer sepak bola negeri Beruang Merah. Federasi sepak bola Rusia memecat manajer Fabio Capello kemudian menunjuk pelatih CSKA Moskow Leonid Slutsky sebagai arsitek timnas.
* Tugas Slutsky tidak ringan, menangani timnas dan membesut klub. Penunjukannya diharapkan dapat mendongkrak kualitas tim secara keseluruhan.
* Pertahanan Rusia bakal porak poranda meladeni permainan cepat Inggris dan Wales.
* Jika Rusia gagal lolos dari babak penyisihan, maka akan memunculkan kepanikan berkaitan dengan persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Wales:
* Ini momentum bagi Wales untuk unjuk gigi, lantaran tidak tampil di final turnamen sepak bola berskala besar sejak 1958.
* Mereka kini sedang berada di tengah generasi emas sepak bola Wales, dengan sederet pemain yang berlaga di Liga Inggris, sebut saja Aaron Ramsey dan Joe Allen.
* Hanya saja tim ini benar-benar terbangun dari naman besar dan kehebatan Gareth Bale, salah satu pemain terbaik dunia yang terus bersinar.
* Boleh dibilang, prestasi Bale sama dan sebangun dengan prestasi Wales di ajang sepak bola Eropa. Syaratnya, ia mampu mencetak gol dan mengirim assist yang mumpuni.   

Slovakia:
* Segala sesuatunya memerlukan keajaiban bagi Slovakia untuk dapat lolos dari hadangan Inggris, dan Wales.
* Slovakia tidak perlu berkecil hati, karena tidak terkalahkan dalam tiga laga persahabatan jelang Piala Eropa, termasuk menang 3-1 melawan juara dunia Jerman.
* Bintang Slovakia yakni Marek Hamsik. Hanya saja ia memerlukan dukungan dari sesama rekan pemain.      

Prediksi tim juara grup A: 1. Inggris, 2. Wales, 3. Slovakia, 4. Rusia

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016