Jakarta (ANTARA News) - Timnas Meksiko lolos dari fase grup untuk melenggang ke perempatfinal Copa Amerika Centenario setelah menundukkan Jamaika dengan skor 2-0 pada pertandingan yang digelar di Stadion Rose Bowl Pasadena, California, Amerika Serikat, Jumat pagi WIB.

Tim berjuluk El Tri bersama Venezuela lolos ke perempat final dari grup C dengan perolehan enam poin hasil dua kemenangan.

Di sisi lain, penghuni grup C lainnya, Uruguay dan Jamaika, dipastikan tersingir kendati masih menyisakan satu laga tersisa pada 13 Juni 2016.

Lolosnya Meksiko berkat sumbangsih gol yang diciptakan bintang Bayer Leverkusen, Javier Chicharito Hernandez, pada babak pertama dan gol Oribe Peralta menjelang laga usai.

Pada jalannya laga, Chicharito mencetak gol setelah melewati dua bek Jamaika kemudian menuntaskan bola operan yang dilepaskan Jesus Corona pada menit 18.

Pada awal babak kedua, bek Jamaica Marriappa melakukan blokir penting untuk menghentikan bola sontekan Jimenez yang berpeluang menjadi gol.

Meksiko kembali melancarkan serangan lewat kerjasama yang dibangun Herrera dan Duenas. Bola tersebut kemudian diberikan kepada Jimenez namun tidak berbuah gol karena berhasil diamankan kiper Jamaika Blake pada menit 60.

Meksiko mengubah taktik dengan memasukan pemain mudah Hirving Lozano menggantikan Jesus Corona dan Oribe Peralta menggantikan Chicharito pada pertengahan babak kedua.

Oribe Peralta akhirnya menggenapkan kemenangan 2-0 Meksiko lewat golnya yang tercipta berkat suplai bola dari Lozano dan Herrera pada menit 81. Skor 2-0 bertahan hingga laga bubar.

Statistik situs Copa America mencatat Meksiko memiliki keunggulan penguasaan bola 56 persen berbanding 44 persen dengan melepaskan 16 sepakan sementara Jamaika cuma melepaskan tujuh tendangan.

Meksiko dan Venezuela akan berhadapan pada 13 Juni 2016 untuk menentukan pemuncak grup C sementara Uruguay dan Jamaika tetap bertanding kendati keduanya dipastikan tidak lolos.

Susunan pemain Meksiko vs Jamaika:

Meksiko (4-3-3):
Ochoa; Layun, Y. Corona, Moreno, Araujo; Herrera, Marquez, Duenas (Molina); Jimenez, Jesus Corona (Hirving Lozano), Hernandez (Oribe Peralta).

Jamaika (4-4-2): Blake; Watson, Mariappa, Morgan, Taylor; McCleary, Hector, Williamson (Orgill), McAnuff (Michael Binns); Barnes, Donaldson.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016