Jakarta (ANTARA News) - Schweinsteiger mencetak gol di menit akhir untuk memastikan Jerman menang 2-0  atas Ukraina pada pertandingan grup C Piala Eropa 2016 di Stadion Stade Pierre-Mauroy, Lille, Prancis, Senin dini hari WIB.

Kemenangan ini membawa Jerman memimpin klasemen grup C dengan perolehan poin tiga atau memiliki nilai sama dengan Polandia namun unggul selisih gol. Adapun Ukraina dan Irlandia Utara yang sama-sama menelan kekalahan belum mendapatkan poin.

Jerman akan menjalani pertandingan krusial melawan Polandia pada 17 Juni 2016, satu hari setelah Ukraina menghadapi Irlandia Utara pada laga kedua grup C.

Pada jalannya laga, gol pertama Der Panzer 1-0 dicetak bek klub Valencia, Shkodran Mustafi, yang menyundul bola umpan tendangan bebas Toni Kroos pada menit 19.

Mustafi nyaris menggandakan kedudukan ketika menyambut umpan sepak pojok Toni Kroos pada menit 24, sayang bekas bek Everton itu dianggap telah melanggar kiper Ukraina Pyatov.

Ukraina bukan tanpa peluang, pada menit 37 galandang klub Sevilla Konoplyanka hampir menyamakan kedudukan jika sepakan mendatarnya tidak dihalau bek Jerman Jerome Boateng. Skor 1-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua Jerman langsung tancap gas dengan menggelar serangan yang diakhiri sepakan Julien Draxler, namun bisa diamankan Pyatov.

Tendangan keras Toni Kroos membentur tiang gawang Ukraina pada menit 52.

Muller yang jarang menghasilkan peluang melepaskan tembakan dari sisi sayap kiri namun berhasil diblokir Fedetskiy pada menit 73.

Pelatih Joachim Loew kemudian memasukan Andre Schuerrle dan Schweinsteiger menggantikan Draxler dan Gotze menjelang pertandingan berakhir.

Schweinsteiger menggenapkan kemenangan Jerman menjadi 2-0 setelah menerima umpan Ozil dari skema serangan balik. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Statistik UEFA mencatat Jerman memiliki penguasaan bola dengan 63 persen berbanding 37 persen dengan 18 sepakan ke gawang sementara Ukraina cuma melepaskan tujuh tendangan.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Jerman (4-2-3-1):
Neuer (K), Mustafi, Hector, Howedes, Boateng, Khedira, Kroos, Draxler (Andre Schuerrle), Muller, Ozil, Gotze (Schweinsteiger).
Pelatih: Joachim Loew

Ukraina (4-2-3-1):
Pyatov, Fedetskiy, Khacheridi, Rakitskiy, Shevchuk (K), Sydorchuk, Stepanenko, Yarmolenko, Kovalenko (Zinchenko), Konoplyanka, Zozulya (Seleznyov).
Pelatih: Mykhaylo Fomenko.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016