Kita ingin anak-anak di Depok mendapat hak-hak sipilnya, salah satunya yaitu kepemilikan Akta Kelahiran ini
Depok (ANTARA News) - Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad, menyambut baik pembuatan akta kelahiran online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Jawa Barat.

"Saya sambut positif terobosan akta kelahiran online ini, semoga bisa membantu warga dalam mempermudah pembuatan akta untuk anak-anaknya," kata Idris, di Balaikota Depok, Kamis.

Untuk mengimplementasikan hal tersebut, maka dikeluarkanlah Peraturan Walikota Nomor 25 tahun 2016 tentang percepatan pelayanan dan peningkatan cakupan kepemilikikan akta kelahiran bagi anak usia 0 sampai 18 tahun.

"Kita ingin anak-anak di Depok mendapat hak-hak sipilnya, salah satunya yaitu kepemilikan Akta Kelahiran ini," jelasnya.

Ia mengatakan program ini juga terkait dengan program unggulan 100 hari kerja pertama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok yang baru. Yakni dengan mempermudah warga yang ingin membuat akta kelahiran dengan lebih cepat dan mudah.

"Mari bersama kita manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan ke depan akan lebih banyak Rumah Sakit yang menandatangani kesepakatan terkait pembuatan akta kelahiran online tersebut," ujarnya.

Sementara itu, dalam program pelayanan akta kelahiran secara online ini setidaknya ada penyederhanaan prosedur yakni tidak melibatkan RT, RW, dan Kelurahan sehingga langsung dari Rumah Sakit ke Disdukcapil.

Begitu juga dari aspek waktu penyelesaian akta, apabila berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) selama 30 hari, dalam program ini waktu penyelesaian maksimal hanya 5 hari kerja.

Untuk tahap yang pertama ini, setidaknya ada 12 mitra kerja yang tandatangan kesepakatan pembuatan akta kelahiran online ini di antaranya, Dinas Kesehatan (Dinkes) yang meliputi 6 Puskesmas, Dinas Pendidikan mulai dari siswa dan siswi PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA.

Selanjutnya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Depok yang meliputi 11 bidan praktik swasta se-Kota Depok, RSUD Kota Depok, RS Bakti Yudha, RSIA Hermina, RS Hasanah Graha Afiah (HGA), RSIA Sumber Bahagia, Setia Bakti, RS Naura Medika, RS Bunda Margonda Depok, dan RS Tumbuh Kembang.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016