Jakarta (ANTARA News) - Portugal dan Austria sama-sama belum meraih kemenangan setelah seri 0-0 pada laga fase grup F Euro 2016 di Stadion Parc De Princes, Paris, Minggu dini hari WIB.

Hasil ini menempatkan Portugal (poin 2) dan Austria (poin 1) pada urutan ketiga dan empat Grup F. Adapun tim kejutan Hongaria memuncaki klasemen grup ini.  Islandia juga mengemas 2 poin namun sudah mencetak dua gol.

Portugal dan Austria harus memenangi laga terakhir pada pekan depan jika ingin lolos ke babak 16 besar. Pasukan Fernando Santos akan menghadapi Hungaria, sementara Austria ditantang Islandia.

Pada laga ini kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, gagal mengeksekusi penalti pada babak kedua dan sejumlah peluang lainnya hingga laga berakhir 0-0.

Statistik UEFA mencatat Portugal sangat mendominasi serangan dengan melepaskan 16 sepakan (6 on target) sementara Austria hanya melakukan tiga sepakan sepanjang laga dengan komposisi pengusasaan bola 59 berbanding 41 persen untuk Portugal.

Luis Nani yang sejatinya seorang gelandang sayap didaulat sebagai penyerang utama untuk mendampingi Ronaldo di lini depan Portugal.

Nani tidak mampu memaksimalkan peluang dari sundulan saat berdiri di mulut gawang Austria pada menit 6. Bekas pemain Manchester United itu juga tidak mampu menceploskan bola saat berduel satu lawan satu dengan kiper Austria pada menit 13.

Ronaldo pun tidak mampu memaksimalkan umpan "satu-dua" dengan Gierreiro pada menit 22. Sepakan CR7 juga digagalkan kiper Austria, Almer, pada menit 38. Kedudukan 0-0 bertahan pada jeda babak pertama.

Awal babak kedua kiper Portugal,  Rui Patricio, dikejutkan oleh sepakan keras Ilsanker. Beruntung tidak berbuah gol.

Almer kembali menyelamatkan Austria dari aksi Ronaldo pada menit 55. Kiper klub Austria Wien itu juga menggagalkan tandukan Ronaldo satu menit kemudian.

Pada menit 71, Joao Mario masuk menggantikan Quaresma yang minim peluang pada laga ini.

Taktik penjagaan daerah yang dilakukan Austria terlihat ampuh untuk meredam serangan Portugal, terutama pergerakan Ronaldo dan Nani yang kerap bertukar posisi dari striker menjadi gelandang atau sayap.

Namun bek Austria, Hinteregger, melakukan kesalahan saat menjatuhkan Ronaldo pada menit 78. Wasit Nicolla Rozzi asal Italia pun memberikan penalti.

Ronaldo lagi-lagi tidak mampu memaksimalkan peluang emas untuk membawa negaranya unggul setelah penaltinya membentur tiang gawang Austria.

CR7 sempat membobol gawang Austria dari sepakan bebas Moutinho, namun wasit membatalkan gol itu karena offside. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Portugal (4-4-2):
Patricio; Vieirinha, Carvalho, Pepe, Guerreiro, William Carvalho, Quaresma (Joao Mario), Andre Gomes (Eder), Joao Moutinho; Nani (Rafa Silva), Ronaldo

Austria (4-4-1-1): Almer; Florian Klein, Prodl, Hinteregger, Christian Fuchs;  Baumgartlinger, Ilsanker, Harnik, Alaba (Schopf ), Arnautovic; Sabitzer (Hinterseen).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016