Sipirok, Sumut (ANTARA News) - Menjelang H-1 hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah 2016 situasi jalur lintas tengah Sumatera, khususnya di wilayah Tapanuli Selatan terpantau aman dan lancar.

Pantauan lapangan, Senin, ruas jalan lintas Sumatera arah dari Sumatera Barat menuju Sipirok atau sebaliknya semakin sore semakin dipadati kenderaan mudik.

Perjalanan dari arah Sayur Matinggi Tapanuli Selatan menuju Batang Angkola arah Padangsidimpuan kendaraan di sejumlah titik sempat mengalami kemacetan dua arah.

Kemacetan yang menyebabkan antrian kendaraan diakibatkan ramainya pengunjung yang datang di pasar kaget seperti di desa, Sinonoan dan Tolang, Sayur Matinggi.

Untuk mengurai kemacetan dan mengantisipasi tidak terjadinya antrian panjang kendaraan tampak kepolisian resort setempat sibuk memberi aba-aba mengatur lalu lintas di tengah ramainya pasar pinggir jalan itu.

Selepas itu tidak ada masalah, walau antrian kendaraan mudik roda dua dan roda empat dari dua arah banyak kendaraan namun tidak mengalami kemacetan.

Demikian halnya ruas jalan lintas Sumatera arah dari Simirik, Kecamatan Angkola Timur menuju Sipirok ataupun sebaliknya walau semakin sore semakin dipadati kendaraan namun tetap berjalan lancar dan aman.

Lancarnya alat transportasi para pemudik mengingat truk-truk tidak lagi melintas di jalur itu menjelang lebaran, di samping kondisi jalan relatif baik.

David, asal Kota Pematang Siantar hendak mudik ke Bukit Tinggi, Sumatera Barat disela-sela istirahatnya di Mesjid Al-Iman, Sayur Matinggi mengatakan sepanjang perjalanan dari Siantar hingga Tapanuli Selatan tergolong aman dan lancar.

"Hanya saja sejumlah titik di daerah Tapanuli Utara dan Batu Jomba di Tapanuli Selatan badan jalan sedikit jelek, selebihnya mudah-mudahan tergolong aman," katanya.

Pewarta: Juraidi dan Kodir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016