Jakarta (ANTARA News) - Mesjid Besar Istiqlal, Jakarta, menggelar takbir akbar tingkat nasional sebagai rasa syukur dalam menyambut Idul Fitri 1437 Hijriah, Selasa.

Gelaran yang diselenggarakan tiap tahun ini dipimpin oleh Imam Besar Masjid Besar Istiqlal Nasaruddin Umar dan dihadiri ratusan muslim, termasuk beberapa pejabat dari Kementerian Agama.

"Dengan momen Idul Fitri ini mari kita jadikan sebagai momentum mempererat persaudaraan sesama muslim dan persatuan bangsa pada umumnya," kata Nasaruddin.

Nasaruddin juga mengharapkan ritual takbir yang tidak hanya diselenggarakan di Istiqlal, tapi juga di seluruh Indonesia bahkan dunia, dapat menyentuh dan menyentak hati orang-orang yang terpengaruh gerakan radikal dari pihak mana pun.

"Alasan biasanya adalah banyaknya masalah dan kekecewaan kemasyarakatan, tetapi ingat sebesar apa pun problem dan kekecewaan itu solusi dari Allah SWT lebih besar dari itu," ujar dia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat (Bimas) Islam Muhammadiyah Amin yang turut menghadiri acara Takbir Akbar Nasional itu, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri pada Umat Islam Indonesia.

"Saya mewakili Menteri Agama mengucapkan selamat Idul Fitri 1437 Hijriah pada seluruh Umat Islam Indonesia, mari kita memperkuat ukhuwah Islamiyah dan mempererat persaudaraan antara semua anak bangsa," ujar Amin.

Mesjid terbesar di Indonesia itu terus didatangi kaum muslim yang ingin bersama mengumandangkan takbir dan beritikaf di mesjid ini.

Takbir Akbar Nasional ini dimulai dengan pemukulan bedug oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin, pengurus Masjid Istiqlal dan perwakilan jemaah.


Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016