Troon, Skotlandia (ANTARA News) - Phil Mickelson memimpin pada putaran pertama Inggris Terbuka, Kamis waktu setempat, ketika dia mencatat skor 63 pukulan di kejuaraan utama tersebut.

Juara lima kali turnamen utama itu mendapat keuntungan dari kondisi tenang dengan cuaca cerah saat permainannya di pesisir barat Skotlandia dan dia mampu mencetak delapan birdie di putaran pertama itu.

Mickelson hampir saja mencetak sejarah membuat skor 62 pukulan ketika hasil pukulan bolanya jatuh mendekat 15 kaki dari lubang ke-18, namun dia hanya mampu memegang kepalanya karena tercengang saat bola hasil pukulan putting dia hanya berhenti di bibir lubang.

Pegolf AS berusia 46 itu mendapat selamat dari pegolf Lee Westwood dan Ernie Els, namun dia masih tertegun dengan kegagalannya itu.

"Ini salah satu hasil permainan putaran terbaik yang belum pernah saya hasilkan, saya rasanya ingin menangis," kata pemenang Inggris Terbuka 2013 Mickelson, setelah dia memastikan mencetak skor 63 pukulan atau delapan di bawah par dan memimpin tiga pukulan.

"Pukulan putt tadi sebuah peluang untuk membuat sejarah saya," katanya.

"Saya lihat bola menggelinding dengan baik di tengah, saya ingin bola itu terus menggelinding dan masuk lubang," tambahnya.

Mickelson menjadi pegolf ke-28 yang pernah mencetak 63 pukulan di kejuaraan utama, dimana pegolf AS lainnya Johnny Miller merupakan pegolf pertama yang menorehkan skor itu di AS Terbuka pada 1973 di Oakmont.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016