Rosberg tercepat di latihan GP F1 Hungaria

Rosberg tercepat di latihan GP F1 Hungaria

Pebalap Nico Rosberg asal Jerman. (REUTERS/Brandon Malone)

Ini adalah awal yang bagus untuk akhir pekan ..."
Budapest (ANTARA News) - Nico Rosberg mencatatkan waktu tercepat pada latihan hari pembukaan untuk Grand Prix (GP) Formula 1 (F1) Hungaria, setelah rekan setimnya di Mercedes sekaligus rival untuk meraih gelar Lewis Hamilton mendapat masalah.

Pemuncak klasemen pebalap Rosberg, yang belum lama ini meneken perpanjangan kontrak dua tahun dengan tim, mengukir waktu satu menit 20,435 detik pada sore hari, setelah menjadi pebalap tercepat urutan kedua pada pagi hari.

"Ini adalah awal yang bagus untuk akhir pekan, dan menurut saya lebih baik daripada yang kami harapkan," kata pebalap Jerman itu kepada wartawan.

Hamilton, yang berupaya untuk merebut posisi pemuncak klasemen untuk pertama kalinya pada musim ini, menjadi pebalap tercepat urutan kelima dengan hanya mencatatkan empat putaran.

Pebalap Inggris itu, yang mencatatkan waktu tercepat pada pagi hari, kehilangan kendali mobil Mercedesnya 15 menit menuju sesi pasca-makan siang dan meluncur melintasi pingir lintasan sebelum terhenti akibat membentur pagar pengaman.

"Ada pembatas-pembatas jalan baru di sini. Menurut saya, saya meletakkan roda belakang saya di garis putih dan menyentuh pembatas jalan," ujar Hamilton.

Ia menjalani pemeriksaan pendahuluan di pusat medis dan dinyatakan baik-baik saja, namun mobilnya harus diuji penuh, yang membuatnya tidak dapat mengikuti sisa sesi itu.

Insiden itu memicu dikibarkannya bendera merah ketika para marshal memperbaiki kerusakan terhadap pagar pengaman, pada sesi yang dilangsungkan dalam kondisi panas di mana temperatur mencapai 40 derajat Celcius.

Hamilton memenangi empat dari lima balapan terakhir dan secara keseluruhan hanya berselisih satu angka dengan Rosberg.

Ia empat kali mendulang kesuksesan di Hungaria, berbagi rekor kemenangan terbanyak di trek itu dengan Michael Schumacher.

"Ini mengenai membelokkan beberapa hal dan jika Anda melewatkan satu sesi, maka itulah yang benar-benar Anda lewatkan," kata Hamilton.

Ia menimpali, "Ketika saya memasuki balapan itu akan menjadi benar-benar pertama kalinya menyerang dan membuat ban-ban ini bertahan selama yang mereka perlukan untuk melaju. Namun kami telah melakukannya sepanjang tahun, maka semestinya tidak ada alasan."

Mantan pemenang GP Hungaria Daniel Ricciardo, yang menduduki urutan kelima pada pagi hari, mengakhiri hari dengan menjadi pebalap tercepat urutan kedua, tertinggal setengah detik dari Rosberg.

Tim Red Bull yang diperkuatnya, satu-satunya tim yang mengalahkan Mercedes pada tahun ini berkat kemenangan Max Verstappen di Spanyol, berharap dapat menghadirkan ancaman nyata kepada rival Jermannya di sirkuit yang semestinya cocok dengan mobil mereka.

Sebastian Vettel, yang memenangi balapan pada tahun lalu, menduduki urutan ketiga dengan Ferrarinya, di depan Verstappen yang berada di urutan keempat.

Sementara itu, Rio Haryanto sebagai pebalap Indonesia yang bergabung dengan klub Manor Racing Team (MRT) berada di posisi ke-20.

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar