Prasangka baiknya adalah reshuffle ini bisa memperbaiki kinerja pemerintahan
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani berharap perombakan kabinet atau reshuffle berimplikasi pada penguatan dukungan politik terhadap pemerintah di DPR setelah masuknya Partai Golkar dan PAN dalam pemerintahan.

"Salah satu sisi dari reshuffle adalah memperkuat pondasi dukungan politik kepada pemerintahan Jokowi-JK dengan masuknya PAN dan Golkar dalam kabinet, maka diharapkan penguatan pondasi politik ini terimplementasikan secara nyata di legislatif," katanya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, seluruh parpol yang masuk Koalisi Parpol Pendukung Pemerintahan tidak boleh berperilaku seperti oposisi  kepada pemerintah di DPR, kendati sikap kritis memang tetap harus dikedepankan sebagai bentuk mekanisme check and balances terhadap kerja-kerja kabinet dan pemerintahan.

"Namun perbedaan kebijakan-kebijakan dasar harus diselesaikan secara internal antara parpol pendukung dengan pemerintah," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu tidak menampik kesan bahwa perombakan adalah bagi-bagi kekuasaan, namun dia menilai  reshuffle kali ini tidak mengorbankan aspek profesionalitas.

"Prasangka baiknya adalah reshuffle ini bisa memperbaiki kinerja pemerintahan," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016