Pekanbaru (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menargetkan jaringan gas kota di Kecamatan Limapuluh akan beroperasi September 2016.

"Pembangunan jaringan pipa gas kota sudah selesai, kini tinggal pemasangan pusat regulator dan meteran di rumah penduduk," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Minggu.

Firdaus menjelaskan Pertagas Niaga selaku anak perusahaan Pertamina yang dipercaya pemerintah pusat telah menyelesaikan pembangunan jaringan pipa gas kota sepanjang 3.713 sambungan di Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Selanjutnya akan selesai dalam jangka waktu sebulan ke depan untuk pemasangan meteran dan pusat regulator.

"Mulainya September 2016 gas dari Bentu akan mengaliri rumah masyarakat di Kecamatan Limapuluh," ujar Firdaus.

Di tempat lain Vira Yusita Sari Manager City Gas PT Pertagas Niaga membenarkan pihaknya kini sedang dalam persiapan agar penyelesaian tahap akhir gas kota selesai.

Selanjutnya pihak Pertagas Niaga akan melakukan pengaliran gas ke rumah warga. Setelah terlebih dahulu dilakukan sosialisasi.

"Dulu sebelum pemasangan jaringan pipa sudah disosialisasikan, nanti akan ada lagi bagaimana cara menggunakan, pembayaran termasuk cara penanggulangan jika terjadi kebocoran dan sebagainya," kata Vira.

Dia menambahkan untuk tahap pertama nantinya saat mulai pengaliran gas ke rumah warga, pihaknya akan ujicoba dulu pada satu sektor.

Selanjutnya secara bertahap akan berlanjut ke sektor lainnya hingga 11 sektor teraliri.

"Kami butuh waktu untuk memastikan aliran gas aman. Biasanya untuk mengaliri semua butuh waktu dua bulan," tegasnya.

Terkait sektor mana yang akan jadi pilihan aliran pertama itu tergantung permintaan Pemerintah Kota (Pemko). Biasanya akan dipilih satu sektor yang paling dekat dengan sumber gasnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 3.713 sambungan pipa gas kota (city gas) sudah tuntas dibangun oleh Pertagas Niaga selaku anak perusahaan Pertamina yang dipercaya pemerintah di Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pembangunan jaringan gas kota sudah selesai Maret 2016. Pembangunan jaringan pipa gas kota dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 sebesar Rp70 miliar.

Proses pembangunan jaringan pipa gas kota sudah dimulai Oktober 2015 lalu hingga Maret tahun 2016 memasang jaringan pipa gas ke rumah-rumah.

Pembangunan gas kota ini merupakan pilot projek khusus Pekanbaru di Kecamatan Limapuluh.

Pewarta: Netty Mindrayani/Vera Lusiana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016