Setiap program yang diajukan harus memiliki kesinambungan dan juga harus selalu dipantau di kementerian sehingga yang dianggarkan di APBN juga dapat dilaksanakan di daerahnya,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo meminta pimpinan daerah dan kepala dinas terkait untuk proaktif menyambangi kementerian guna merealisasikan berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan di daerah.

"Setiap program yang diajukan harus memiliki kesinambungan dan juga harus selalu dipantau di kementerian sehingga yang dianggarkan di APBN juga dapat dilaksanakan di daerahnya," katanya di Gedung Serba guna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin.

Di sela-sela pertemuan dengan Pemerintah Aceh yang dihadiri langsung Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan pemerintah kabupaten/kota, Ia mengatakan program yang dicanangkan tidak akan bisa terwujud jika para pemangku kepentingan hanya berdiam diri tanpa menjemput bola.

"Banyak program di setiap kementerian dan ini akan bisa terlaksana di setiap kawasan jika para pemimpinnya proaktif," katanya.

Ia mengatakan apa bila ada kementerian yang tidak mau melayani para pimpinan dari Provinsi Aceh khususnya dan Indonesia umumnya, pihaknya siap untuk memanggil kementerian terkait.

Pihaknya tidak dapat membantu sebuah daerah apa bila daerah tersebut tidak proaktif dan mengajukan program yang akan dilaksanakan demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Bagaimana kita mau membantu sebuah daerah, jika daerah yang bersangkutan tidak meminta untuk dibantu," kata Edhy yang turut didampingi Wakil Ketua Komisi IV, Viva Yoga Mauladi.

Kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut dalam rangka mengumpulkan data dan menggali informasi mengenai masalah pangan, pertanian, dan perikanan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016